Satu Hakim PN Bandung Positif COVID-19, Bagaimana yang Lain?

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 10:47 WIB
PN Bandung
Pengadilan Negeri Bandung (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung -

Satu orang hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung positif COVID-19. Lalu bagaimana dengan hakim lainnya?

Hakim positif COVID-19 itu diketahui usai menjalani tes swab massif di PN Bandung pekan lalu. Hasil satu hakim yang positif itu diketahui lebih dulu karena melakukan tes swab ulang di rumah sakit karena mengalami sakit. Sementara hasil swab hakim lainnya baru keluar beberapa hari lalu.

"Hasilnya yang lain negatif semua. Kecuali yang itu saja satu," ucap Humas PN Bandung Wasdi Permana kepada detikcom, Jumat (11/9/2020).

Menurut Wasdi saat ini satu orang yang positif tersebut masih menjalani perawatan di rumah sakit. Diketahui, hakim itu memang mengeluhkan sakit.

"Masih dirawat," katanya.

Kendati mendapatkan hasil negatif, Wasdi mengatakan proses persidangan di PN Bandung tetap disesuaikan. Beberapa agenda persidangan terpaksa diundur terlebih dahulu. Sementara untuk beberapa sidang perdata hingga pidana yang terbentur masa hukuman penjara, persidangan tetap digelar.

"Kita giliran, karena itu pimpinan menyerahkan ke majelis masing-masing. Disarankan WFH, tapi kalau perkara takut kehabisan masa tahanan jadi sidang kita. Jadi ada juga perdata yang sidang, yang tanggung sudah juga," katanya.

Wasdi tak bisa memastikan kapan persidangan akan kembali normal seperti semula. Sejauh ini atau selama masih pandemi, proses persidangan dilakukan secara bergiliran.

"Kita masih gantian. Karena selama ini nggak ada kendala karena kita yang atur (jadwalnya)," kata dia.

Sebelumnya, satu orang hakim di Pengadilan Negeri (PN) Bandung positif COVID-19. Hakim tersebut tengah menjalani isolasi di rumah sakit.

(dir/mud)