ADVERTISEMENT

Round-Up

Heboh Tank TNI Tabrak Gerobak dan Motor di Bandung Barat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 07:55 WIB
Tank TNI Tabrak Gerobak di Bandung Barat
Foto: Tank TNI tabrak motor dan gerobak di Bandung Barat (tangkapan layar video viral).
Bandung -

Beredar di media sosial Instagram satu unit tank milik TNI AD mengalami kecelakaan tunggal di ruas Jalan Raya Cipatat atau tepatnya depan Polsek Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (10/9/2020).

Video berdurasi 19 detik yang diabadikan oleh warga menunjukkan ada dua tank yang keluar dari Jalan Saguling, area PLTA Saguling, menuju Jalan Raya Cipatat. Saat melaju, tank pertama berhasil berbelok dengan mulus. Namun tank kedua tersebut tak terkendali, lalu menghantam sepeda motor dan gerobak penjual gorengan.

Panit Lantas Polsek Cipatat Ipda Nana mengatakan akibat kecelakaan tersebut gerobak dan sejumlah motor yang sedang berada di pinggir jalan mengalami kerusakan. "Betul ada kecelakaan tank Yonkav 4, tapi itu sebetulnya hanya kecelakaan biasa saja," ucap Nana saat dihubungi detikcom.

Dalam kejadian tersebut sebanyak empat motor dan satu gerobak penjual gorengan rusak akibat ditabrak tank TNI tersebut. Namun beruntung tidak ada korban dalam kejadian itu.

Sementara itu, Kapendam III Siliwangi Kolonel Inf FX Sri Wellyanto mengatakan tank yang terlibat kecelakaan jenis AMX. "Sekarang tim sedang turun, kita masih menunggu proses penyelidikan dari POM," katanya di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kamis (10/9/2020).

Informasi dihimpun, tank tersebut berjenis AMX-13 versi Canon 105 mm. Tank jenis itu merupakan tank ringan berawak tiga orang buatan Atelier de Construction d'Issy les Moulineaux (AMX) dari Perancis atau lebih populer dengan nama AMX-13. "Iya," ujar Kapendam.

Welly mengatakan insiden penabrakan itu terjadi saat rombongan tank tengah melakukan latihan ST atau siap tempur di Bandung Barat. Latihan diketahui mulai sejak 8 September 2020.

"Benar kejadiannya kecelakaan ranpur tank dari Yonkav 4 yang sedang melaksanakan latihan ST, siap tempur tingkat kompi," katanya.

Welly mengatakan Pomdam III Siliwangi sudah datang ke TKP guna mengecek dan menyelidiki insiden itu. Pomdam saat ini sudah turun tangan menyelidiki.

"Sekarang tim sedang turun, kita masih menunggu proses penyelidikan dari pom. Apakah itu human error atau masalah teknis ya," tuturnya.

Dia juga memastikan tak ada korban jiwa dalam insiden tank menabrak motor dan gerobak. Bahkan pihak TNI sudah mengganti kerugian yang dialami oleh warga.

"Tidak ada korban jiwa, hanya materil saja," ucapnya.

Adapun kendaraan yang menjadi korban di antaranya empat unit sepeda motor dan satu gerobak pedagang tahu. Menurut Welly, pihak TNI sudah mengganti kerugian materil yang dialami warga.

Penggantian kerugian itu diberikan langsung oleh TNI melalui Komandan Batalyon (Danyon) Kavaleri Letkol Kav Embi Triono kepada warga yang jadi korban. Nominal ganti rugi yang diberikan beragam tergantung kerusakan.

"Sudah ditangani oleh Danyon, sudah dilaksanakan ganti rugi," katanya.

Waduh! Tank TNI Tabrak Gerobak-Motor di Bandung Barat:

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT