Kodam III Siliwangi Selidiki Penyebab Tank Tabrak Motor-Gerobak

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 17:01 WIB
Tank TNI Tabrak Gerobak di Bandung Barat
Foto: Tank di Bandung Barat tabrak motor dan gerobak di Bandung Barat (tangkapan layar video viral).
Bandung -

Kodam III Siliwangi angkat bicara soal insiden tank yang menabrak sejumlah motor dan gerobak dagangan di Kabupaten Bandung Barat. Insiden itu tengah diselidiki Pomdam.

"Sekarang tim sedang turun, kita masih menunggu proses penyelidikan dari POM," ucap Kapendam III Siliwangi Kolonel Inf FX Sri Wellyanto di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis (10/9/2020).

Welly mengatakan penyelidikan itu guna mengetahui penyebab tank itu menabrak motor dan gerobak dagangan. Pengemudi tank juga akan dimintai keterangan.

"Kita selidiki apakah itu (penyebabnya) human eror atau masalah teknis ya," katanya.

Ia menambahkan tank tersebut ada di wilayah itu guna melaksanakan kegiatan latihan. Satuan kompi ada di kawasan itu sejak 8 September 2020.

"Sedang melaksanakan latihan ST, siap tempur tingkat kompi," katanya.

Beredar di media sosial Instagram satu unit tank milik TNI AD mengalami kecelakaan tunggal di ruas Jalan Raya Cipatat atau tepatnya depan Polsek Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (10/9/2020).

Video berdurasi 19 detik yang diabadikan oleh warga menunjukkan ada dua tank yang keluar dari Jalan Saguling, area PLTA Saguling, menuju Jalan Raya Cipatat. Saat melaju, tank pertama berhasil berbelok dengan mulus. Namun tank kedua tersebut tak terkendali, lalu menghantam sepeda motor dan gerobak penjual gorengan.

Panit Lantas Polsek Cipatat Ipda Nana mengatakan akibat kecelakaan tersebut gerobak dan sejumlah motor yang sedang berada di pinggir jalan mengalami kerusakan. "Betul ada kecelakaan tank Yonkav 4, tapi itu sebetulnya hanya kecelakaan biasa saja," ucap Nana saat dihubungi detikcom.

Nana menyebut, saat berbelok itu, pengemudi tak bisa mengendalikan laju tank hingga akhirnya menabrak. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut karena pemilik motor dan penjual gorengan berhasil menghindar.

(dir/mso)