Wujud Uang 'Kun Fayakun' Wajah Bos Paguyuban Pengubah Garuda Pancasila

Hakim Ghani - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 13:53 WIB
Uang Paguyuban Garut
Uang milik paguyuban di Garut. (Foto: istimewa)
Garut -

Setelah bikin geger gegara mengubah lambang Garuda Pancasila, Paguyuban Tunggal Rahayu kini jadi perbincangan lagi. Mereka ternyata juga mencetak uang.

Paguyuban yang dikomandoi Mister Sutarman tersebut diketahui mencetak uang sendiri. Hal tersebut dibenarkan Kakesbangpol Garut Wahyudijaya. "Benar, itu dari mereka. (Nilai nominal) uangnya macam-macam," kata Wahyu saat dikonfirmasi wartawan terkait foto uang bergambar kepala Mister Sutarman, Rabu (9/9/2020).

Sebagaimana dilihat detikcom, dalam foto yang beredar uang tersebut terlihat beragam. Ada pecahan uang seribu dan sepuluh ribu.

Terdapat ciri yang sangat menonjol dalam uang yang dicetak oleh Paguyuban Tunggal Rahayu. Pada uang tersebut terpampang wajah Mister Sutarman. Dia tampak menggunakan kopiah dan kemeja berdasi.

Uang Paguyuban GarutUang milik paguyuban di Garut. (Foto: istimewa)

Dalam uang pecahan seribu, tertulis kata Bank Indonesia. Uang tersebut terlihat berwarna krem dengan gradasi warna hijau. Uang itu dilaminasi.

Selain wajah Sutarman, pada foto tersebut terlihat ada gambar Garuda dengan kepala menghadap depan serta tulisan Arab yaitu kun fayakun.

Sama halnya dengan uang pecahan sepuluh ribu. Dalam uang tersebut terdapat wajah Sutarman serta gambar burung garuda menghadap ke depan. Pada uang tersebut terlihat ada tulisan '1958 SKR'.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Kesbangpol Garut, uang tersebut sudah digunakan untuk bertransaksi di kalangan anggota Paguyuban Tunggal Rahayu. "Informasinya (digunakan) hanya di kalangan mereka saja," ucap Wahyu.

Lihat video 'Garut Bikin Heboh, Ada Paguyuban Ganti Lambang Pancasila':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)