ADVERTISEMENT

Kapal Tongkang Muatan Batu Bara Sempat Berasap, Polisi: Karena Gesekan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 11:23 WIB
Kapal tongkang terbakar di Sukabumi.
Foto: Petugas padamkan api yang ke luar di atas kapal tongkang (Istimewa).
Sukabumi -

Kepulan asap dari kapal tongkang kembali terjadi di kawasan teluk Palabuhanratu, Sukabumi. Beberapa warga pesisir juga melihat kejadian itu pada Minggu (6/9/2020).

Menurut polisi, kepulan itu berasal dari isi muatan tongkang berupa batu bara untuk dikirim ke PLTU Palabuhanratu. Namun kondisi itu tidak membahayakan dan bisa ditangani oleh pihak terkait.

"Jadi itu bukan tongkangnya yang terbakar, tetapi batu bara-nya. Itu terjadi karena faktor alam yaitu cuaca panas dan gesekan pada saat pengangkutan akibat (goyangan) gelombang laut," ucap Kasat Polair, Polres Sukabumi AKP Tri Andri saat dihubungi, Senin (7/9/2020).

Saat ini, kata Tri, kepulan asap dari batubara yang berada di atas kapal tongkang sudah padam dan masih dalam proses pendinginan. Ia juga memastikan tidak ada korban akibat kejadian itu.

"Tidak ada korban Alhamdulillah, hal itu sudah biasa sebenarnya. Posisinya dalam antrean mau masuk ke area PLTU, tidak membahayakan jarak antar kapal juga sudah diatur. Saat ini masih dalam proses pendinginan," lanjutnya menegaskan.

Tongkang bermuatan batu bara tiba-tiba mengeluarkan bara api dan berasap juga pernah terjadi pada Jumat 3 Juli lalu. Lokasinya juga berada di perairan teluk Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Meski tidak membakar, kepulan asap terlihat warga di pesisir.

Informasi yang diperoleh detikcom saat itu upaya pemadaman bara api sudah memasuki tahap pendinginan. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Simak video 'Harga Batu Bara Kian Terkapar:

[Gambas:Video 20detik]



(sya/mso)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT