Polresta Cirebon Sulap Lapangan Tembak Jadi Kolam Lele untuk Bantu Warga

Sudirman Wamad - detikNews
Minggu, 06 Sep 2020 13:15 WIB
Polresta Cirebon sulap lapangan tembak menjadi kolam lele untuk membantu warga
Polresta Cirebon sulap lapangan tembak menjadi kolam lele untuk membantu warga (Foto: Sudirman Wamad)
Cirebon -

Enam bulan lebih pandemi tak kunjung pergi. Corona tak kunjung sirna. Tak sedikit masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya gegara Corona.

Bantuan bagi pekerja, nelayan, petani, dan lainnya yang terdampak COVID-19 pun terus mengalir. Sejumlah instansi bergerak melawan Corona, membantu masyarakat yang terdampak. Seperti yang dilalukan instansi kepolisian. Hingga melakukan sejumlah terobosan, salah satunya Polresta Cirebon.

Polresta Cirebon menyulap lapangan tembak menjadi lahan produktif untuk ketahanan pangan. Hasil panennya disalurkan untuk masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Lapangan tembak yang dialihfungsikan menjadi lahan produktif itu berada di Asrama Polisi (Aspol) Polresta Cirebon, Kelurahan Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Di lapangan tembak itu terdapat dua kolam tambak, dan lahan untuk menanam sayur-sayuran.

Polresta Cirebon membutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk menyulap lapangan tembak menjadi lahan produktif. Saat ini, Polresta Cirebon baru bisa memanen lele sebanyak beberapa ribu ekor. Sisanya masih menunggu untuk dipanen.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi meresmikan lahan produktif untuk ketahanan pangan itu. Rudy menjelaskan pengelolaan lahan ketahanan pangan itu dilakukan secara mandiri.

"Dari mulai memberikan makan, menanam benihnya hingga panen. Saya apresiasi," kata Rudy usai meresmikan lahan ketahanan pangan di Aspol Polresta Cirebon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020).

Rudy beharap polres dan polsek lain bisa meniru apa yang dilakukan Polresta Cirebon. Rudy menjelaskan saat ini pihaknya tengah mengutamakan program ketahanan pangan guna membantu masyarakat yang terdampak pandemi.

"Hasil panen lele dan sayur dari sini, kemudian ditambah beras. Beras ini dari kapolresta, ditambah dengan lainnya langsung dibagikan ke masyarakat," kata Rudy.

Rudy mengimbau agar masyarakat tetap sabar menghadapi pandemi. "Beberapa polres sudah melakukan ini. Masyarakat tetap kuat dan sabar," ucapnya.

Sementara Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi menyampaikan agar jajarannya rutin menyalurkan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi. Saat ini, Polresta Cirebon menggunakan beberapa pola untuk membagikan paket sembako, seperti layanan drive thru di Mapolresta Cirebon dan melalui ATM beras keliling. ATM beras ini dibawa ke desa-desa. Proses pembagiannya tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kita melalui Bhabinkamtibmas bekerja sama dengan pemerintah desa dan Babinsa di wilayah binaannya. Bhabinkamtibmas juga yang akan menyalurkan bantuan beras ini untuk warga binaannya yang terdampak pandemi COVID-19," kata Syahduddi.

Ia berharap dengan adanya lahan produktif tersebut penyaluran paket sembako lebih intens dan efektif.

Tonton juga video 'Polisi Kerahkan Mobil Lumbung Beras Untuk Bantu Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)