Pemprov Jabar Akan Bagikan 3,2 Juta Kartu Kuota 10 GB Gratis untuk Pelajar

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 16:44 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi belajar online (Edi Wahyono/detikcom).
Bandung -

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membagikan sebanyak 3,2 juta kartu perdana berisi kuota 10 gigabyte kepada pelajar dan guru tingkat SMA/SMK/SLB. Tak hanya mahasiswa di universitas, MA dan pesantren yang menggelar belajar daring pun akan mendapatkan kartu untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama empat bulan ke depan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, bantuan kartu perdana hasil kerjasama Pemprov Jabar dan Telkomsel ini tak hanya menyentuh sekolah yang dikelola oleh pemerintah. Tetapi juga, bagi pelajar atau santri di tempat pendidikan yang dikelola oleh swasta.

"Siswanya dan guru-gurunya akan mendapatkan kartu kuota perdana Telkomsel Merdeka Belajar Jarak Jauh yang isinya 10 GB. Ini akan dikoordinasikan oleh Disdik Provinsi untuk dibagikan secara gratis kepada seluruh siswa tadi, yang kalau kita total dengan guru-gurunya ada 1,9 juta," ucap pria yang akrab disapa Kang Emil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (2/9/2020).

"Kemudian kami akan memberikan 1,3 juta kepada yang di luar tupoksi kami melalui proses pendaftaran yang kit atur, antara lain kepada siswa-siswa MA yang kewenangannya Kemenag, siswa santri di pesantren-pesantren dan juga kepada mahasiswa yang membutuhkan PJJ, sehingga total yang diberikan Telkomsel ini 3,25 juta kartu," tambah Kang Emil.

Rencananya, program ini akan digulirkan pada September. Sementara pada bulan-bulan berikutnya para pemilik kartu ini cukup membayar Rp 5 ribu untuk mendapatkan kuota tambahan sebesar 11 GB untuk PJJ.

"Kami sedang berwacana dengan DPRD jika kemungkinan tiga bulan selanjutnya ditanggung APBD Provinsi, jika memungkinkan sehingga mereka bisa tenang belajar sampai Desember tanpa harus mengeluarkan biaya," ucapnya.

Direktur Human Capital Management Telkomsel R Muharam Perbawamukti mengatakan kartu tersebut sedianya bisa digunakan untuk mengakses seluruh gabungan keunggulan paket situs atau aplikasi belajar dan paket conference dengan kenyamanan akses ke sejumlah aplikasi e-learning.

"240 situs e-learning kampus dan sekolah di seluruh Indonesia dan sejumlah aplikasi video conference," ujarnya.

Untuk mendapatkan kartu tersebut, lanjut Muharam, perwakilan institusi pendidikan bisa mendaftarkan diri melalui link Telkomsel perdana belajar. Selanjutnya perwakilan Telkomsel di seluruh Indonesia akan segera mengkurasi dan menghubungi perwakilan institusi tersebut untuk langkah selanjutnya.

"Bersama Pemprov kami secara khusus akan meluncurkan kartu internet belajar tersebut sebagai salah satu pemerataan akses pendidikan jarak jauh. Sejumlah 3,2 juta kartu perdana dengan keuntungan kuota belajar tersebut, dan akan didistribusikan kepada pelajar di provinsi Jawa Barat," ujarnya.

"Kami terus memaksimalkan jaringan, kami targetkan penambahan 25 ribu BTS 4G, hingga Agustus sudah tuntaskan pembangunan 21 ribu BTS 4G, yang foks di wilayah residensial dan pemukiman padat di Jabar," ujarnya.

Tonton video 'Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mso)