KPK Periksa Wabup Sumedang Sebagai Saksi Kasus RTH Bandung

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 13:40 WIB
Wabup Sumedang Erwan Setiawan
Wabup Sumedang Erwan Setiawan (Foto: Muhamad Rizal/detikcom)
Bandung -

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan yang pernah menjabat Ketua DPRD Kota Bandung periode 2009-2014 diperiksa KPK sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan ruang terbuka hijau (RTH) Bandung. Pemeriksaan kepada Erwan berlangsung di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (2/9/2020).

"Sudah, hari ini, sebentar kok, cuman 20 menitan," kata Erwan via sambungan telepon.

Erwan menyebut dalam pemeriksaannya itu ditanya soal sosok Dadang Suganda. "Ditanya kenal sama Pak Dadang Suganda, ya tidak. Memang tidak kenal siapa Dadang Suganda," ujarnya.

"(Ditanya) peran Dadang Suganda, tidak tahu saya. Gitu saja," Erwan menambahkan.

Erwan sudah dua kali diperiksa. Waktu itu dia pernah menjalani pemeriksaan sebagai saksi di kantor KPK, Jakarta, pada 25 Maret 2020.

Menurutnya, sejumlah pertanyaan yang dilayangkan penyidik KPK kepadanya sama dengan pemeriksaan pertama. "Pertanyaannya seperti yang kemarin (pemeriksaan yang pertama)," kata Erwan.

Bedanya, untuk pemeriksaan kali ini, ada tambahan seputar Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dilakukan Dadang Suganda. "Karena yang sedang didalami oleh KPK masalah TPPU Dadang Suganda. Pemeriksaan sekitar 15-20 menitan," tuturnya.

Erwan tidak mengetahui apakah dirinya akan dipanggil kembali atau tidak oleh KPK. Dia berjanji tetap kooperatif.

"Pasti saya akan kooperatif," kata Erwan.

Tonton juga video 'KPK Tetapkan Pengusaha DS Jadi Tersangka Kasus Korupsi RTH Bandung':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/bbn)