2 Pekan Di-lockdown, KCD Disdik Jabar Kembali Buka Layanan Besok

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 15:53 WIB
Kantor Cabang Dinas (KCD) ilayah VI Dinas Pendidikan Jawa Barat
Foto: Kantor Cabang Dinas (KCD) ilayah VI Dinas Pendidikan Jawa Barat (Ismet Selamet/detikcom).
Cianjur -

Setelah dua pekan ditutup atau lock down, Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah VI Dinas Pendidikan Jawa Barat akan kembali beroperasi Selasa (1/9/2020) besok. Sejumlah pejabat dan pegawai yang berkontak erat dengan staf yang positif pun terkonfirmasi negatif usai di-swab dan test antigen.

Kepala KCD Wilayah VI Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Esther Miory mengatakan 36 orang pejabat dan pegawai KCD sudah menjalani masa karantina mandiri selama dua minggu. Selama menjalani karantina tidak ada yang terkonfirmasi positif dan bergejala COVID-19.

"Makanya per 1 September 2020, pelayanan kembali dibuka," ujar Esther via telepon seluler, Senin (31/8/2020).

Menurutnya layanan harus segera dibuka untuk persiapan pelaksanaan kegiatan belajar tatap muka di tingkat SMA/SMK yang sempat ditunda. Penerapan protokol kesehatan akan diterapkan secara ketat demi mencegah penyebaran COVID-19.

"Kita akan maksimalkan pencegahan melalui protokol kesehatan. Para pegawai juga ditekankan untuk menjaga diri dengan tetap menggunakan masker saat bekerja," ucapnya.

Di sisi lain, Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Cianjur Yusman Faisal mengatakan dari 36 orang pejabat yang sudah dites, 10 orang yang berkontak erat dinyatakan negatif dari hasil test antigen.

"Ada juga lima orang yang hasil swabnya sudah keluar dan di konfirmasi negatif," kata dia.

Meski sudah ada kepastian negatif dan menjalani masa karantina, petugas kesehatan akan terus memantau para pegawai dan pejabat KCD tersebut. "Apalagi setelah layanan dibuka, risikonya kembali tinggi. Makanya akan tetap kami pantau," pungkasnya.

(mso/mso)