Arus Balik, Menhub: Sepertiga Kendaraan Sudah Kembali ke Jakarta

Dian Firmansyah - detikNews
Minggu, 23 Agu 2020 13:53 WIB
Menhub Budi Karya memantau arus balik mudik libur panjang
Menhub Budi Karya memantau arus balik mudik libur panjang (Foto: Dian Firmansyah)
Purwakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Polri Irjen Istiono melakukan pemantauan langsung menggunakan helikopter ke sepanjang jalur tol yang akan di lintasi kendaraan arus balik dari arah Cirebon menuju Jakarta.

Menurut Menteri Perhubungan, arus lalu lintas dari mulai wilayah Palimanan hingga gerbang tol Cikampek Utama (Cikatama) masih relatif landai, lonjakan kendaraan diperkirakan akan mulai terjadi sore hingga malam nanti.

"Tadi dari udara kami berempat lihat bahwa lalu lintas dari timur ke barat masih relatif landai, memang dari kalkulasi masih sepertiga dari jumlah mereka yang mudik dan balik ke Jakarta," ujar Budi saat meninjau di Gerbang tol Cikatama, Minggu (23/08/2020).

Pemantauan ini dilakukan Budi untuk melakukan pengecekan kesiapan petugas dalam menghadapi arus balik. Berdasarkan pemaparan dari pihak Jasa Marga dan Polri, pihaknya akan melakukan rekayasa arus sejak dari wilayah Palimanan.

Kendaraan bersumbu tiga, akan dialihkan menuju jalan arteri dan pengaturan arus di wilayah Cisumdawu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan dan penumpukan yang biasa terjadi di arus balik long weekend di sepanjang jalan tol Cikampek menuju Jakarta.

"Kami pastikan bahwa nanti malam atau sore atau besok pagi itu bisa berjalan dengan baik, apa yang kita siapkan cukup kooridnasi antara polri dan dirjen darat kami mengatur kendaraan tiga sumbu di Palimanan harus keluar yang kedua lalu lintas dari Cisumdawu diatur dengan baik," ungkap Menteri Perhubungan itu.

Budi pun menuturkan jika lonjakan arus kendaraan diperkirakan akan mulai terjadi pada malam hari nanti. "Harapannya petugas jangan lengah karena ada kemungkinan saudara kita baru balik dari Jawa, solo, semarang baru nanti malam," tegasnya.

Sementara pemberlakuan pengalihan dan pengaturan arus akan mulai pada pukul 20.00 WIB malam nanti hingga pukul 08.00 WIB esok harinya.

"Mulai jam 8 sampai jam 8 besok pagi kita atur kita alihkan ke jalan arteri yang sumbu tiga, kemudian kami juga mengharapkan pemudik balik tidak berangkat sama-sama pada waktu malam, dari sekarang sudah mulai menyebar mendahului menuju Jakarta agar tidak ada penumpukan nanti malam, kalo long weekend tentunya yang agak kesulitan nanti di rest area, rest area pasti kita berlakukan buka tutup," Papar Kakorlantas Polri Irjen Istiono yang mendampingi Menhub.

Simak video 'Cek Lalin di Cikampek, Menhub: Lonjakan Kendaraan Diperkirakan Malam Hari':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)