Menengok Peta Pilbup Bandung yang Didominasi Kandidat Berlabel 'Bintang'

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 07:51 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Ilustrasi (Foto: Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Bandung -

Kontestan yang akan bertarung di Pilbup Bandung 2020 mulai menampakan diri. Empat bakal calon Bupati-Wakil Bupati yang sudah mendeklarasikan diri didominasi kandidat berlabel 'bintang'.

Sejauh ini ada empat bakal calon Bupati-Wakil Bupati yang siap bersaing merebut kursi kepemimpinan di Kabupaten Bandung periode 2020-2025. Dari empat bakal calon, tiga pasangan di antaranya merupakan pesohor tanah air.

https://uploads.knightlab.com/storymapjs/f535daaf9e33fd12e9b56d32bbb2a937/peta-pilkada-kabupaten-bandung/index.html

Mereka terdiri dari artis hingga pesepak bola. Dari sisi artis, ada Syahrul Gunawan dan Dina Lorenzo. Sementara bintang sepak bola ada nama Atep eks pemain Persib Bandung.

Syahrul Gunawan bakal menjadi wakilnya dari calon Bupati Dadang Supriyatna. Pemeran Jun dalam sinetron 'Jin dan Jun' itu berpasangan dengan Dadang yang merupakan anggota DPRD Jabar. Pasangan Dadang-Syahrul diusung oleh tiga partai politik yakni PKB, NasDem dan Demokrat.

"Tiga partai ini sepakat mengusung DS sama Sahrul. Kesepahamannya karena sama-sama punya visi dan misi perubahan, kemudian sama-sama bekerja sama ke depannya untuk mewujudkan adanya perubahan itu," ujar Ketua DPC Demokrat Kabupaten Bandung Endang pada Selasa (22/7) lalu.

Sementara itu kejutan datang dari PKS. Partai berlambang Ka'bah itu menggaet bintang sinetron Dina Lorenza untuk mengarungi kontestasi pemilihan lima tahunan tersebut. Dina dipasangkan dengan Gun Gun Gunawan yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Bandung.

Pasangan Gun Gun - Dina Lorenza ini rencananya diusung koalisi PKS-Demokrat. "Untuk itu pasangan yang kami usung yaitu kami tetap mengusung atau mencalonkan Gun Gun Gunawan sebagai calon bupati dan Dina Lorenza dari Partai Demokrat sebagai wakil bupati," ujar Juru Bicara Pemenangan PKS Kabupaten Bandung Maulana Fahmi via pesan singkat, Selasa (18/8/2020).

Sementara Atep, eks Kapten Persib itu resmi diumumkan menjadi pasangan dari Yena Iskandar Masoem. Keduanya akan diusung koalisi PDIP-PAN dalam Pilbup Bandung.

"Jadi memang proses tersebut sudah ditempuh dari awal dari September tahun lalu, memang ibu Yena dari PDI Perjuangan sudah merupakan kader dan kita berkoalisi dengan PAN yang mengusung saudara Atep. Itu memang sudah melalui proses yang panjang," kata Ketua PDIP Jabar Ono Surono saat dihubungi, Selasa (11/8) lalu.

Sementara itu sejauh ini, Golkar menjatuhkan hati kepada Nia Agustina dan pasangannya Usman Sayogi. Nia sendiri merupakan istri dari petahana Bupati Bandung saat ini Dadang Naser.

Lantas siapakah nantinya yang akan menjadi pilihan warga Kabupaten Bandung dalam kontestasi Pilbup Bandung? Jawabannya akan hadir saat Pilkada serentak yang akan digelar dalam waktu dekat.

(dir/mud)