Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Hutan di Gunung Ciremai

Bima Bagaskara - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 15:59 WIB
Petugas memeriksa kondisi lahan yang terbakar di Gunung Ciremai, Kuningan.
Petugas memeriksa kondisi lahan yang terbakar di Gunung Ciremai, Kuningan (Foto: Istimewa).
Kuningan -

Polisi menyelidiki penyebab kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Kapolres Kuningan AKBP Lukman SD Malik mengatakan dugaan awal kebakaran itu disebabkan adanya pembakaran oleh manusia.

"Sementara ditemukan seperti bekas bakar-bakaran kalau dilihat di lokasi, seperti orang bakar sampah atau lainnya," ucap Lukman saat dihubungi, Selasa (18/8/2020).

Lukman mengatakan kalau ditemukan adanya unsur kesengajaan berkaitan kebakaran di area hutan tersebut pihaknya akan mencari pelakunya.

Nanang Subarnas, pemerhati lingkungan di Kabupaten Kuningan, menegaskan kebakaran hutan dan lahan pasti disebabkan oleh manusia yang membuat sumber api. Menurut alumni Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, ada tiga unsur penyebab utama kebakaran yakni sumber api, bahan bakar, dan udara. Jika salah satu dari ketiganya tidak ada, menurut dia, kebakaran tidak akan terjadi.

"Ada kemungkinan besar unsur keterlibatan manusia, bisa saja seseorang yang melempar korek api menyala, melakukan pembakaran atau menimbulkan sumber api lain," kata Nanang.

Ia pun meminta kepolisian untuk menelusuri penyebab utama kebakaran kawasan TNGC tersebut. Jika memang disebabkan oleh manusia Nanang ingin ada proses hukum yang berlaku.

Kebakaran hutan di kawasan TNGC, Blok Cirendang, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, berlangsung Senin (17/8). Lahan yang hangus terbakar itu luasnya sekitar 15 hektare.

(bbn/bbn)