Dicatut Penipu Sumbangan Corona, Bupati Majalengka Lapor Polisi

Bima Bagaskara - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 20:20 WIB
Akun FB Bupati Majakengka Karna Sobahi dihack
Akun penipu yang menyatut nama Bupati Majalengka Karna Sobahi. (Foto: Istimewa)
Majalengka -

Bupati Majalengka Karna Sobahi telah membuat laporan ke polisi berkaitan dugaan aksi penipu yang mencatut nama dirinya. Pelaporan itu dilakukan setelah mendapati adanya akun Facebook (FB) yang menggunakan nama dan foto Karna Sobahi untuk meminta dana sumbangan Corona atau COVID-19.

Karna menegaskan akun FB tersebut bukan miliknya. "Sebenarnya bukan pembajakan, tapi dia (penipu) buat sendiri (akun di FB). Saya sudah laporan ke Polres Majalengka, sekarang sedang ditindaklanjuti," kata Karna saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (15/8/2020).

Sejauh ini, Karna belum mendapat aduan atau laporan dari orang yang sudah mentransfer uang. Menurut Karna, dari penelusuran pihaknya diketahui penipu itu tidak berada di Jawa Barat.

"Korban belum ada, hanya beberapa rekan seperti kepala dinas yang ditelepon. Sudah dilacak, ternyata itu orangnya ada di luar Majalengka, bahkan di luar Jawa Barat," ucap Karna.

Modusnya pelaku yaitu mengirim pesan pribadi ke sejumlah rekan kerja Karna Sobahi. Dalam pesan itu pelaku meminta uang seikhlasnya dengan alasan untuk membantu penanganan wabah virus Corona di Majalengka.

Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso membenarkan bahwa Karna Sobahi sudah membuat laporan resmi. Menurut Bismo, saat ini Polres Majalengka tengah mengumpulkan data serta meminta keterangan kepada Karna dan sejumlah pihak lainnya.

"Sedang diselidiki laporannya dan sudah dimintai keterangan. Kita kumpulkan datanya dan tunggu perkembangannya," ujar Bismo.

Tonton juga 'Kronologi Penangkapan Napi Catut Nama Menlu, Tipu Korban di 17 Negara':

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)