Long Weekend Agustusan, Kawasan Lembang Diprediksi Diserbu Wisatawan

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 18:24 WIB
Polisi berjaga di kawasan lembang
Foto: Whisnu Pradana
Bandung Barat -

Libur long weekend Agustusan, kawasan Lembang diprediksi akan diserbu wisatawan. Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan selama libur panjang tersebut, Satlantas Polres Cimahi telah menyiapkan sebanyak 160 personel yang disebar di berbagai titik rawan.

"Hari ini kami antisipasi lonjakan kendaraan dengan pemasangan sarana prasarana jalan, water barrier, traffic cone di titik-titik rawan kepadatan seperti di depan Farm House dan pertigaan Beatrix," kata Kasatlantas Polres Cimahi AKP Susanti Samaniah Jumat (14/8/2020).

Untuk mencegah penumpukan kendaraan di jalur arteri, pihaknya akan melaksanakan rekayasa lalulintas dengan pengalihan arus dari arah Kota Bandung dialihkan menuju Jalan Sersan Bajuri.

Begitu pun sebaliknya, jika terjadi kepadatan dari arah Lembang, kendaraan akan dialihkan menuju jalur alternatif Kolonel Masturi.

"Masih bersifat situasional tergantung kondisi arus lalulintas. Untuk jalur alternatif seperti Dago dan Kolonel Masturi, diarahkan ke sana kalau macet. Khusus untuk kendaran kecil saja, karena untuk kendaraan besar tidak memungkinkan melalui jalur tersebut," sebutnya.

Pihaknya memprediksi wilayah Lembang akan mulai dipadati wisatawan terutama dari Jabodetabek pada Sabtu (15/8/2020) pagi.

"Selain dari personel di lapangan, kondisi lalulintas akan dipatau melalui kamera CCTV yang sudah dipasang di empat titik agar kita bisa segera ambil tindakan," jelasnya.

Pihaknya juga mengingatkan pengunjung agar waspada pada perubahan cuaca di wilayah Lembang beberapa hari terakhir. Sebab di sejumlah ruas jalan menuju objek wisata rawan pohon tumbang, banjir dan longsor.

"Kami telah koordinasi dengan instansi terkait apabila terjadi hal yang dapat mengganggu lalulintas," tandasnya.

Simak juga video 'Ini Alasan Jokowi Wacanakan BUMN Pariwisata-Transportasi Digabung':

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)


Debat Capres AS