Pandemi COVID-19

KCD Disdik Jabar: KBM Tatap Muka di Cianjur-KBB Tetap Digelar 18 Agustus

Ismet Selamet - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 17:42 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi belajar online (Edi Wahyono/detikcom).
Cianjur -

Kegiatan belajar mengajar (KBM) Tatap Muka di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat bakal tetap digelar 18 Agustus 2020. Meskipun 36 pejabat dan pegawai KCD wilayah VI Dinas Pendidikan Jawa Barat dalam masa karantina.

Kepala KCD Wilayah VI Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Esther Miory mengatakan sekolah di kecamatan zona hijau yang sudah siap, akan tetap menggelar kegiatan belajar tatap muka.

"Karantina dan adanya staf yang terindikasi positif COVID-19 tidak akan mempengaruhi rencana sekolah tatap muka. Tetap tanggal 18," ucap Esther saat dikonfirmasi via telepon seluler, Rabu (12/8/2020).

Menurutnya, yang mempengaruhi sekolah di zona hijau bisa tatap muka atau tidak, hanya berkaitan dengan kesiapan sekolah. Jika tidak siap, sekolah diarahkan untuk tidak memaksakan diri.

"Sekolah di KBB sudah siap, kalau Cianjur masih ada yang menimbang-nimbang. Dilihat besok pastinya berapa sekolah yang sudah siap," kata dia.

Eshter menjelaskan, kesiapan sekolah meliputi jadwal belajar, jumlah guru, hingga penerapan protokol kesehatan. "Untuk guru pun harus didata dan dites kesehatannya dulu. Yang boleh mengajar di bawah usia 40 tahun, dan minimal dirapid test dulu," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 36 pejabat dan pegawai KCD Disdik Jawa Barat menjalani karantina di Kantor Cabang Dinas di Jalan Raya Bandung Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur.

Mereka dikarantina usai salah seorang pegawainya terindikasi COVID-19, setelah hasil test antigen menunjukkan positif.

(mso/mso)