Apollinaris Darmawan Penghina Agama Ternyata Baru Bebas dari Penjara

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 11:13 WIB
Apollinaris Darmawan yang Diduga Menghina Islam, Ini Faktanya
Foto: Tangkapan layar Twitter @ApolDarmawan
Bandung -

Apollinaris Darmawan ditetapkan polisi sebagai tersangka dan kini mendekam di bui. Sebelum perkara ini, kakek 70 itu ternyata pernah dibui dengan kasus yang sama.

"Sebelumnya bahwasannya yang bersangkutan sudah pernah dihukum dengan modus yang sama," ucap Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Selasa (11/8/2020).

Informasi dihimpun, Apollinaris berperkara atas laporan ke Polres Metro Jakarta Selatan. Apollinaris sendiri sudah divonis dengan hukuman 3 tahun penjara.

"Pada bulan Maret (2020) yang bersangkutan dibebaskan dengan program asimilasi," kata Galih.

Namun Apollinaris tak kapok. Dia diduga kembali mengunggah konten SARA ke media sosialnya. Kini untuk kedua kalinya, dia ditahan di kantor polisi.

"Ada beberapa yang kita jadikan bukti selain dari media sosial, juga ada video pendek terkait apa yang disampaikan yang bersangkutan terhadap agama muslim," katanya.

Sebelumnya, seorang kakek di Bandung bernama Apollinaris Darmawan diduga melakukan penghinaan terhadap agama. Pria tersebut pun kini sudah diamankan polisi.

Diamankannya Apollonaris tersebut terekam video. Detik-detik penangkapan itupun beredar luar di media sosial (medsos). Seperti dilihat detikcom pada Minggu (9/8/2020) pukul 14.20 WIB, video menunjukkan Apollinaris yang berambut putih itu dimasukkan petugas ke dalam mobil polisi.

Saat diamankan, banyak warga di lokasi kejadian yang belakangan diketahui di sekitar Jalan Jatayu, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung. Terdengar, warga tampak marah-marah kepada pria tua tersebut.

"Bapak maksudnya apa pak menghina islam?," ucap seorang pria dalam video tersebut.

"Kamu juga beragama kan, kami tidak pernah menghina agama kamu ya," kata pria lainnya dalam video.

Polisi yang mengamankan meminta warga bersikap tenang. Polisi kemudian memasukkan pria yang terlihat tak mengenakan baju itu ke dalam mobil.

Tonton video 'Kakek yang Hina Agama Islam di Medsos Jadi Tersangka':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)