Kasus Positif di Kota Bogor Melonjak, Sehari Bertambah 12 Kasus

M Solihin - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 21:04 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Bogor -

Dalam tiga hari terakhir, kasus baru positif Corona di Kota Bogor mengalami peningkatan yang cukup signifikan. 12 kasus positif baru terjadi setiap hari dalam tiga hari terakhir.

"Untuk 3 hari berturut-turut hasil penelusuran dan juga hasil swab test yang dilakukan dalam rangka pencarian aktif dari kasus Covid-19 di Kota Bogor, tercatat 12 kasus baru setiap hari dalam tiga hari terakhir. Jadi 12 kasus baru di tanggal 8, 12 kasus di tanggal 9 dan 12 kasus di tanggal 10, jadi tiga hari berturut-turut," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor Dedie A Rachim, Senin (10/8/2020).

Dedie meminta warga Kota Bogor untuk tetap hati-hati agar penyebaran Corona bisa ditekan. Agar Kota Bogor yang saat ini yang dikategorikan beresiko sedang berubah menjadi beresiko tinggi penularan Corona.

"Jadi kondisi Kota Bogor saat ini masih dalam kondisi yang kita kategorikan beresiko sedang. Namun jika kita tidak hati-hati maka bisa saja kondisi resiko sedang ini menjadi resiko tinggi. Apalagi saat ini perpanjangan PSBB ke-6 ini disandingkan dengan PSBB Pra AKB, artinya kita sudah melakukan pelonggaran-pelonggaran," kata Dedie.

Wakil Wali Kota Bogor ini menyebut, mulai pekan ini akan dilakukan operasi penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat di Kota Bogor. Selain untuk menekan angka penyebaran Covid-19, operasi juga dilakukan sebagai respon dari Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 dan Pergub nomor 60 tahun 2020 tentang pengenaan sanksi pelanggar protokol kesehatan.

"Kemudian di luar itu walikota bogor audah mengeluarkan perwali nomor 64 2020 untuk mencoba semaksimal mungkin menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat, artinya semua pelanggaran protokol kesehatan tentu akan ada sanksinya," kata Dedie.

Sementara itu total kasus positif Covid-19 di Kota Bogor berjumlah 362 kasus per Senin (10/8/2020). Dengan rincian, kasus sembuh sebanyak 216 kasus, kasus meninggal sebanyak 22 kasus dan pasien positif Covid-19 yang masih dalam perawatan sebanyak 124 pasien.

(mud/mud)