Panji Sang Petualang dan Irfan Hakim Pindahkan Buaya Muara di Lembang

Whisnu Pradana - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 13:05 WIB
panji petualang dan irfan hakim pindahkan buaya muara
Foto: istimewa
Bandung Barat -

Panji 'sang petualang' dan artis Irfan hakim serta YouTuber pecinta satwa lainnya melakukan pemindahan buaya muara di objek wisata Lembang Park and Zoo, Kabupaten Bandung Barat.

Buaya muara tersebut dipindahkan dari kandang lama yang ukurannya tak terlalu besar ke kandang baru dengan ukuran lebih besar. Jarak antara kandang baru dengan kandang lama sejauh 50 meter

Manager Operasional Lembang Park and Zoo Iwan Susanto, alasan meminta bantuan the dream team untuk memindahkan buaya koleksi mereka karena pengalaman yang dimiliki dalam berinteraksi dengan hewan buas dan berbahaya.

Meskipun dalam pelaksanaannya, ada sedikit insiden tatkala Panji mendapati celananya digigit buaya muara saat mencoba mendekat.

"Pemindahannya berjalan lancar dan syukur tidak ada kejadian yang membuat cedera meskipun ada insiden kecil saat Panji diterkam buaya, tapi bisa refleks menghindar," ungkap Iwan Sabtu (8/8/2020).

Irfan Hakim yang dikenal sebagai penyuka satwa mengungkapkan sangat senang bisa terlibat dalam pemindahan satwa tersebut. Ditambah bisa memberikan edukasi pada pengunjung saat menyaksikan proses pemindahan.

"Ya jelas senang bisa terlibat di sini apalagi kita bisa berinteraksi dengan pengunjung saat memindahkan buaya muara di sini. Seru banget," kata Irfan.

Ia dan teman-teman yang tergabung di The Dream Team mengaku sangat terbuka bila kembali diminta untuk terlibat dalam pemindahan hewan lain atau kegiatan yabg berkaitan dengan satwa.

"Boleh kalau bisa dilibatkan lagi, tapi nanti kita atur jadwalnya dulu. Karena kan kesibukan teman-teman di luar The Dream Team ini cukup padat," jelasnya.

Lembang Park and Zoo sendiri memiliki koleksi beberapa ekor buaya muara dengan berbagai ukuran. Buaya yang kali ini dipindahkan merupakan yang terbesar dengan panjang lebih dari 3 meter.

(ern/ern)