Libur Idul Adha, Penumpang KA di Cirebon Meningkat

Sudirman Wamad - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 20:54 WIB
Kereta di Cirebon
Stasiun Cirebon (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Penumpang kereta api (KA) meningkat selama libur Idul Adha. PT KAI juga kembali mengoperasikan dua KA jarak jauhnya, yakni Argo Anggrek dan Taksaka.

"Ada peningkatan dibandingkan hari-hari biasa selama pandemi. Untuk libur Idul Adha peningkatannya sekitar 10 persen dibandingkan hari biasa," kata Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif, Sabtu (1/8/2020).

Luqman menerangkan dua KA jarak jauh itu akan melayani penumpang hingga 2 Agustus 2020. Sementara itu, KA keberangkatan atau milik Daop 3 Cirebon belum ada yang diizinkan untuk beroperasi.

"Dari data yang ada di kami, sudah 100 persen tiket kereta api perjalanan masa liburan Idul Adha sudah terjual habis, karena menjual hanya 70 persen dari total tempat duduk," ucap Luqman.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19 di KA, PT KAI bekerja sama dengan anak perusahaan PT RNI, sesama BUMN, tentang pelayanan rapid test bagi penumpang KA. Harga rapid test tersebut dipatok Rp 85 ribu.

"Layanan tes cepat, kami sediakan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang akan menggunakan jasa transportasi kereta api di masa adaptasi kebiasaan baru," ujar Luqman.

Saat ini, menurut Luqman, layanan rapid test tersebut baru tersedia di Stasiun Cirebon. Dia berharap layanan tersebut dimaksimalkan pengguna KA.

"Mulai sejak Kamis (30/7), hari pertama ada 20 penumpang yang ikut rapid ini. Hasilnya nonreaktif semua," katanya.

"Kemudian, waktu hari Jumat (31/7) meningkat. Ada 60 penumpang yang memanfaatkan layanan rapid test, hasilnya nonreaktif semua," ucap Luqman menambahkan.

(bbn/bbn)