Bertambah 5 Orang, Angka Positif COVID-19 di Cimahi Jadi 15 Kasus

Whisnu Pradana - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 12:02 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan pasien Corona (ilustrator: Edi Wahyono)
Cimahi -

Kasus Corona Virus Disease atau COVID-19 di Kota Cimahi kembali bertambah. Terbaru lima warga Cimahi terkonfirmasi positif Corona atau COVID-19 berdasarkan hasil swab test.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Cimahi, saat ini total kasus positif COVID-19 di Kota Cimahi mencapai 126 kasus. Rinciannya 15 orang positif aktif, 107 dinyatakan sembuh, dan 4 orang meninggal dunia.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Chanifah Listyarini menyebutkan penambahan tersebut berasal dari warga Cimahi yang rata-rata melakukan tes COVID-19 secara mandiri.

"Iya kemarin ada penambahan 5 kasus positif. Laporannya kita terima dari daerah lain karena mereka kerja di luar daerah itu tapi KTP Cimahi. Saat hasil swab test-nya positif, akhirnya laporannya ke kita," ujar Chanifah kepada detikcom, Sabtu (1/8/2020).

Namun dari lima orang yang terkonfirmasi positif tersebut, tiga orang di antaranya sudah sembuh dan hanya menyisakan dua orang lagi.

"Dari yang bertambah itu hanya sisa dua lagi karena sudah sembuh tiga. Jadi laporan ke kitanya pun terlambat. Saat ini sih ada yang di Cimahi dan sebagian di luar Cimahi," tuturnya.

Meskipun kasus positif COVID-19 di Cimahi mengalami peningkatan dalam beberapa hari belakangan namun angka kesembuhan juga turut bertambah.

"Jadi sebetulnya positif bertambah juga tidak sampai melonjak lagi yang positif aktifnya, karena yang dinyatakan sembuh juga banyak. Seimbang sebetulnya, mudah-mudahan yang sembuh semakin banyak," kata Chanifah.

(bbn/bbn)