Evakuasi Dramatis Sapi Kurban yang Nyemplung ke Parit di Bandung

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 18:50 WIB
Sapi kurban yang nyemplung ke parit di Bandung berhasil dievakuasi
Sapi kurban yang nyemplung ke parit di Bandung berhasil dievakuasi (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Sapi kurban yang jatuh ke dalam parit di RW 21, Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung telah berhasil dievakuasi oleh warga dan tim Diskar PB Kota Bandung, Jumat (31/7/2020). Proses evakuasi berjalan dramatis dan memakan waktu kurang lebih dua jam.

Wadanton III Diskar PB Kota Bandung Dadang Rahmat mengatakan, sulitnya proses evakuasi karena terbatasnya ruang untuk mengangkut sapi tersebut. Belum lagi banyaknya warga yang menonton sehingga sapi terlihat panik ketika petugas menuntun sapi naik ke tangga darurat.

"Kendalanya, sapinya stress, sudah naik ke atas turun lagi karena banyak penonton dan anak-anak. Akhirnya alhamdulilllah kita bikin tangga yang lebih bagus, kerjasama dengan pawang sapi," ujar Dadang ketika ditemui detikcom seusai proses evakuasi.

Pantauan detikcom, sapi tersebut berusaha ditarik beberapa kali naik ke atas tangga yang terbuat dari kayu. Sejumlah usaha gagal karena kaki sapi terperosok atau kakinya terlilit tambang. Belum lagi badan sapi yang panjang, sempat terjepit di antara sempitnya parit.

"Sempat ada pembahasan kalau sapi tidak naik sudah koordinasi dengan DKM dan pemilik akan dipotong di tempat (di dalam parit), tapi alhamdulillah jam 16.35 bisa kita angkat bersama warga," tutur Dadang.

Menariknya, warga bergotong royong dengan membawa papan-papan kayu tambahan untuk menambal alas tangga, agar kaki sapi tak terperosok masuk.

Dadang mengatakan, awalnya sapi tersebut panik ketika diturunkan dari truk pengangkut karena melihat reaksi warga, khususnya anak-anak. Warga pun sempat mengejar sejauh kurang lebih 150 meter sebelum akhirnya sapi seberat 615 kilogram (sebelumnya ditulis 800 kg) itu jatuh ke dalam parit sedalam 2,5 meter.

Adam Husein (29) warga sekitar mengatakan, sapi tersebut sempat tersentak kaget ketika jatuh ke dalam parit. Ia mendengar suara benda jatuh cukup keras saat sapi yang diduga terpeleset itu masuk ke dalam parit.

"Iya awalnya sapinya terlihat panik, tapi sekarang terlihat tenang," katanya

Tonton video 'Waduh! Sapi di Bandung Nyemplung ke Parit Sedalam 2,5 Meter':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mud)