Ini Pesan MUI Jabar untuk Salat id dan Potong Hewan Kurban Besok

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 16:51 WIB
Ribuan jemaah datangi Masjid Raya Bandung untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah. Sejumlah protokol kesehatan pun diterapkan guna cegah penyebaran COVID-19.
Foto: Wisma Putra
Bandung -

Idul Adha Tahun 2020 di Jawa Barat digelar masih dalam suasana pandemi COVID-19. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar mengimbau agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan.

"Ibadah kurban tahun ini dilaksanakan di masa pandemi, ibadah kurban adalah ibadah besar dan agung maknanya maka harus tetap dilaksanakan, sungguh pun hukumnya sunnah muakadah tapi mempunyai makna yang besar dan harus dilaksanakan dengan menjaga protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan Dinas Kesehatan," kata Ketua MUI Jabar KH Rachmat Safei di Kantor MUI Jabar, Kamis (30/7/2020).

Menurutnya, baik dalam pelaksanaan Salat Id dan penyembelihan hewan kurban, warga diwajibkan menjaga protokol kesehatan.

"Wajib menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan," ungkapnya.

Dengan menghindari kerumunan, kita bisa terhindar dari penyebaran virus COVID-19. Sehingga protokol kesehatan harus diperhatikan.

"Ibadah kurban pelaksanaannya sama, namun banyak yang harus diperhatikan," ujarnya.

Saat pelaksanaan pembagian daging kurban, distribusi harus dilakukan langsung oleh panitia. "Jadi panitia yang ngasih kepada warga, satu-satu, jangan sampai banyak sentuhan," ujarnya.

Pihaknya juga mengajak kepada warga Jawa Barat agar tetap menjaga kerukunan antar umat beragama.

"Kami juga imbau kepada masyarakat, dalam kondisi apapun MUI imbau warga agar menjaga kondusifitas, kemanan, kenyamanan dan tidak boleh lengah dan tidak menyebar berita hoaks. Dalam kondisi sekarang jangan sampai terbawa dengan berita yang tidak bertanggungjawab. Jaga keagungan Idul Adha ini," pungkasnya.

Tonton video 'Tahapan Penyembelihan & Penyaluran Hewan Kurban di Masa Pandemi Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/ern)