Masjid Agung Cimahi Tidak Gelar Salat Idul Adha Berjamaah

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 16:00 WIB
Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna
Masjid Agung Cimahi tak gelar salat berjamaah (Foto: Whisnu Pradana)
Cimahi -

Masjid Agung Kota Cimahi tidak akan menggelar salat Idul Adha berjemaah pada tahun ini lantaran menghindari kerumunan di masa pandemi COVID-19.

Sebagai gantinya, masyarakat bisa menggelar salat Idul Adha berjemaah di masjid yang ada di lingkungan tempat tinggal masing-masing ataupun di lapangan agar memungkinkan penerapan protokol kesehatan.

"Untuk tahun ini Masjid Agung Cimahi tidak akan menggelar salat Idul Adha berjemaah. Silakan salat Idul Adha berjemaah di masjid dan lapangan yang ada di rumah masing-masing," ungkap Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna, Kamis (30/7/2020).

Ajay meminta pelaksanaan salat Idul adha di lingkungan permukiman masyarakat hanya diikuti warga setempat dan menerapkan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu serta wajib mengenakan masker.

"Kalau bisa hanya untuk warga di situ saja seperti pelaksanaan salat Jumat. Kalau bisa manfaatkan halaman dan jalan, jadi bisa menjaga jarak," terangnya.

Selain tidak menggelar salat Idul Adha berjemaah, masjid yang terletak di sebelah Alun-alun Kota Cimahi itu juga tidak akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

"Di Masjid Agung Cimahi juga tidak ada penyembelihan hewan kurban, jadi hewannya disebar ke wilayah. Perlu diinformasikan agar masyarakat tidak perlu tahu dimana lokasi penyembelihan, jangan nonton juga karena akan menimbulkan kerumunan," bebernya.

Nantinya panitia diminta mengantarkan langsung jatah daging kurban untuk masyarakat membutuhkan ke rumahnya masing-masing.

"Misalnya menggunakan kupon, jadi nanti diantarkan langsung ke warga yang sehari sebelumnya diberikan kupon. Diimbau juga tidak menggunakan kantong plastik, tapi bungkus ramah lingkungan," jelasnya.

Ketua DKM Masjid Agung Cimahi Dadan Darmawan menyatakan pihaknya tidak menggelar salat Idul Adha tahun ini dengan alasan pandemi COVID-19 dan status Cimahi yang ada di zona orange penyebaran COVID-19.

"Karena pandemi COVID-19 belum selesai, kami lebih mengantisipasi dengan tidak menggelar salat Idul Adha. Tidak ada penyembelihan hewan kurban juga," katanya.

Tonton video 'Persoalan Hidup dan Mati, Idul Adha Tahun Ini Hindari Kontak Fisik':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)