Kenang Ajip Rosidi, Ridwan Kamil: Dedikasi Almarhum Menginspirasi

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 13:34 WIB
Budayawan Ajip Rosidi
(Foto: Rumah Baca Ajip Rosidi/ Istimewa)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengenang sosok Ajip Rosidi sebagai budayawan yang memajukan kesusastraan Sunda. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu, juga mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya penulis tersohor dan pendiri Yayasan Kebudayaan Rancage itu.

"Turut berduka cita, atas berpulangnya Sastrawan Sunda yang luar biasa, Bpk Ajip Rosidi. Beliau adalah budayawan yang memajukan sastra Sunda termasuk mendirikan perpustakaan untuk kepentingan umum. Semoga dedikasi almarhum menjadi inspirasi kita semua dan semoga almarhum diterima iman Islamnya dan husnul khatimah," tulis Kang Emil dalam Instagramnya.

Seperti diketahui, Sastrawan yang juga suami aktris senior Nani Wijaya meninggal di Rumah Sakit Tidar Magelang pada 29 Juli 2020 pukul 22.30 WIB. Ia meninggal setelah sempat dirawat di rumah sakit dan menjalani operasi.

Pria kelahiran Jatiwangi, Majalengka pada 31 Januari 1938 dikenal sebagai orang yang mempopulerkan Sastra Indonesia sampai mengajar di Jepang pada 1967. Ajip Rosidi menerima gelar Doktor Honoris Causa bidang Ilmu Budaya dari Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran.

Peraih Hadiah Sastra Nasional itu memulai kariernya sebagai sastrawan pada 1952. Karya-karyanya banyak bermunculan di media massa dan dikenal sebagai sastrawan yang paling produktif.

Dalam jangka waktu singkat, Ajip Rosidi menulis 326 karya dan dimuat di 22 majalah, menurut penelitian Dr Ulrich Kratz. Tahun-tahun Kematian merupakan buku perdananya.

Tak hanya sastra Indonesia saja yang dipopulerkan Ajip Rosidi ke dunia internasional, tapi peraih Hadiah Seni dari pemerintah di tahun 1993 itu menjadi pendiri penerbit Pustaka Jaya (1971), pendiri Yayasan PDS HB Jassin (1977) hingga Ketua Dewan Kesenian Jakarta (1972-1981).

Tonton video 'Ajip Rosidi, Sastrawan yang Populerkan Sastra Rancage':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mud)