Cek Kampung Tangguh di Tangerang, Kapolda Bicara Penanganan COVID-19

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 21:29 WIB
Cek Kampung Tangguh di Tangerang, Kapolda Bicara Penanggulangan COVID-19
Kapolda Banten Irjen Fiandar (Foto: Istimewa)
Tangerang -

Kapolda Banten Irjen Fiandar mengatakan kampung tanggung nusantara sebagai upaya ketahanan pangan dan ekonomi di masyarakat bukan hanya pilot project. Kampung yang digagas kepolisian ini harus bisa menanggulangi penyebaran Corona.

"Kampung Tangguh Nusantara adalah atensi pimpinan sebagai bagian dari upaya menanggulangi dampak negatif Covid-19," kata Fiandar dalam keterangan tertulis ke wartawan, Tangerang, Banten, Selasa (28/7/2020).

Di wilayah hukum Polda Banten sendiri saat ini sudah ada 99 kampung tangguh. Tujuan dibuat adalah agar tidak ada penyebaran COVID-19. Pembentukan kampung ini juga agar ada ketahanan kesehatan, pangan, dan roda ekonomi yang terus berjalan.

Pembentukannya juga sebagai upaya edukasi ke warga. Mereka didorong agar sadar kesehatan sebagai kebutuhan.

"Melaksanakan protokol kesehatan adalah kewajiban karena kesehatan adalah sebuah kebutuhan," ujarnya.

Sementara itu, Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan, di daerahkan akan didorong agar semakin banyak kampung tangguh. Kampung tersebut diharapkan siap menghadapi adaptasi kebiasaan baru saat pandemi.

"Kampung tangguh dapat menjadi sarana masyarakat untuk dapat tangguh dalam berbagai aspek terutama kesehatan dan ekonomi," tambahnya.

(bri/mud)