TPS3R Citepus Bandung Berhenti Beroperasi di Tengah Pandemi

Muhammad Iqbal - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 21:09 WIB
TPS3R di Bandung berhenti beroperasi di tengah pandemi
TPS3R di Bandung berhenti beroperasi di tengah pandemi (Foto: Muhammad Iqbal)
Bandung -

Gedung Tempat Pembuangan Sampah Berbasis 3 R, Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) Citepus Bersama di Kelurahan Pasawahan Kabupaten Bandung tampak berdiri kokoh namun sepi seperti tidak berpenghuni. Tidak ada kegiatan pengumpulan sampah ataupun pengolahan sampah seperti TPS lainnya.

Sebelumnya, lokasi berdirinya gedung tersebut menjadi tempat pembuangan sampah yang tidak terkendali ke Sungai Citarum.

Rupanya, tempat tersebut kini sudah tak beroperasi. Sejak April 2020 atau tepatnya di masa pandemi TPS3R ini sudah tidak lagi beroperasi.

Salah seorang petugas di TPS3R Citepus Bersama Siti Fatimah mengatakan, alasan kenapa gedung tersebut tidak beroperasi. Salah satunya, karena sudah tidak memiliki biaya untuk operasional.

"TPS3R sejak bulan April ini di masa pandemi corona ini sudah tidak beroperasi lagi, karena pertama tidak adanya biaya operasional untuk mengaktifkan gedung ini untuk tata kelola sampah," ujar Sifa (23) sapaan akrabnya, saat ditemui di TPS3R Citepus Bersama, Selasa (28/7/2020).

TPS3R Citepus Bersama merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR di tahun 2018. Program ini menghabiskan dana anggaran sekitar Rp 500 Juta.

Selain tidak adanya biaya operasional, kata Sifa, sejak beroperasi pada 2018 pengurus TPS3R Citepus Bersama tidak pernah mendapatkan pembinaan dari pihak pemerintah pusat maupun daerah.

"Kemudian kedua, tidak ada dukungan atau pun suport dari beberapa pihak untuk ikut peduli mengaktifkan gedung ini,"

"Sebelumnya pernah sekali bagaimana pemilahan sampah keluarga, setelah itu tidak ada pembinaan ke masyarakat baik itu ke masyarakat atau pun pengurus TPS3R saat ini tidak ada pembinaan (berkelanjutan) dan bantuan apapun0," keluhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2