Pemkot Serang Izinkan Masjid Agung At Tsauroh Gelar Salat Idul Adha

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 13:35 WIB
Pemkot Serang izinkan Masjid Agung At Tsauroh Serang gelar Salat Idul
Pemkot Serang izinkan Masjid Agung At Tsauroh Serang gelar Salat Idul (Foto: Bahtiar Rifa'i)
Serang -

Pemkot Serang mengizinkan Masjid Agung At Tsauroh untuk menggelar salat Idul Adha di tengah pendemi Corona. Namun, belum memutuskan apakah alun-alun bisa digunakan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kadis Kominfo Kota Serang Hari Pamungkas menjelaskan, pemberian izin diberikan karena Kementerian Agama membuat edaran dibolehkannya masjid untuk melakukan salat Idul Adha di zona kuning. Kota Serang sendiri saat ini masih masuk ke zona kuning.

"Yang melarang kalau di Kota Serang nggak ada, At Tsauroh melaksanakan, tapi mematuhi protokol kesehatan," kata Hari kepada wartawan di Kota Serang, Banten, Selasa (28/7/2020).

Hanya, katanya masjid diharapkan untuk menerapkan ptotokol kesehatan selam salat dan saat pembagian daging kurban ke warga. Pengurus masjid diharapkan mengerti bagaimana mekanisme pembagian berdasarkan edaran dari Kementerian Agama.

"Ada kreativitas untuk menghindari kerumunan massa dari panitia masing-masing," ujarnya.

Di Pemkot Serang sendiri ada Perwal 18 2020 yang salah satu aturannya adalah bagaimana tata cara pelaksanaan salat Idul Adha dan pemotongan hewan. Salah satunya, masjid soal kapasitas maksimal 30 persen dan penyediaan hand sanitiser.

"Kalau spesifiknya, Menag sudah mengeluarkan dan MUI juga sudah mengeluarkan," katanya.

Di lokasi sama, Walkot Serang Syafrudin mengatakan masjid di daerahnya dipersilahkan untuk menggelar salat Idul Adha. Tapi, ia belum memutuskan apakah alun-alun kota bisa digunakan sebagaimana tahun-tahun sebelum pandemi.

"Masjid boleh, alun-alun belum," ujarnya singkat kepada wartawan.

(bri/mud)