Ridwan Kamil: Kabar Gembira, Ada 60 Ribu Loker di Jabar

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 16:03 WIB
Presiden Joko Widodo hari mengunjungi mal yang berada di Bekasi. Kedatangannya itu untuk meninjau kesiapan Bekasi menjalankan skema new normal.
Foto: Rifkianto Nugroho
Sukabumi - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan postingan di Instagram miliknya soal 60 ribu lowongan kerja (Loker) sebagai kompensasi hilangnya pekerjaan karena pandemi COVID-19.

"Ada yang sangat menggembirakan, kami menduga selama ini investasi akan turun da sararieun kadarieunya (takut datang ke Jabar). Ternyata malah meningkat, sekitar Rp 57 triliun (investasi) masuk ke Jawa Barat menghasilkan 60 ribu lowongan kerja," kata Emil, di sela kegiatan touring hari bhakti Adhyaksa di Sukabumi, Sabtu (25/7/2020).

Menurut Emil, investasi itu merupakan bentuk kompensasi kebijakan sejumlah perusahaan yang terpaksa melakukan putus hubungan kerja (PHK) selama masa pandemi COVID-19.

"Kita akan atur supaya yang kena PHK itu bisa kembali bekerja, kita mematchingkan lagi, karena di PHK nya karena ada Covid. Nah sekarang kita kompensasi lagi dengana adanya 60 ribu pekerjaan baru. Nah mudah-mudahan saya dahulukan mereka yang sudah bekerja dulu tapi terdampak COVID kita pekerjakan kembali dengan dicarikan oleh kita," papar Emil.

Emil tidak menegaskan bentuk pekerjaan yang nantinya akan merekrut para pekerja yang sempat di PHK. "Pokoknya semua industri," imbuh Emil.

Sebelumnya, di postingan instagram yang dibuat Jumat (24/7) kemarin. Emil mengatakan soal kompensasi pekerjaan baru kepada mereka yang berhenti bekerja karena terdampak COVID-19. Dalam flyer atau gambar yang disertakan, Emil membandingkan nilai investasi yang masuk ke wilayahnya lebih tinggi dengan beberapa propinsi lainnya seperti Jatim, DKI Jakarta, Jateng dan Riau.

Tonton video 'Target Ekonomi Jabar Disebut Pencitraan, Ini Kata Ridwan Kamil':

[Gambas:Video 20detik]



(sya/ern)