Rumah Merangkap Bengkel Motor-Servis TV Terbakar di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 19:36 WIB
Sebuah rumah merangkap bengkel di Sukabumi terbakar
Sebuah rumah merangkap bengkel di Sukabumi terbakar (Foto: Istimewa)
Sukabumi -

Rumah warga di Kampung Gunung Dewi, RT 10 RW 04, Desa Caringin, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi hangus dilalap si jago merah, sekitar pukul 12.45 WIB, Kamis (23/7/2020).

Informasi diperoleh detikcom, sejumlah warga sempat berusaha memadamkan api dengan menggunakan selang penyemprot air. Namun karena sudah terlanjur membesar, api sulit dipadamkan. Api baru padam setelah satu unit kendaraan pemadam kebakaran tiba di lokasi.

"Rumah yang terbakar itu, merupakan tempat usaha servis televisi sekaligus bengkel motor. Iya, rumahnya di isi oleh satu kepala keluarga (KK) dengan jumlah jiwa sebanyak tujuh orang," jelas anggota Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Gegerbitung, Opik kepada wartawan.

Kuat dugaan kebakaran dipicu hubungan pendek arus listrik. Saat kebakaran banyak warga yang melihat api pertama keluar dari atap rumah korban. Saat kejadian tersebut pemilik rumah sedang tidak ada di lokasi.

"Waktu kejadian kebakaran, pemilik rumah lagi posisi ke Kota Sukabumi untuk belanja peralatan Tv," ujar Opik.

Opik membenarkan warga dibantu petugas gabungan dari TNI, Polri, P2BK, Satpol PP Kecamatan Gegerbitung langsung terjun ke lapangan untuk berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

"Api berhasil kami jinakan setelah satu unit mobil pemadam kebakaran dari Unit Damkar Pos Sukaraja diterjunkan ke lokasi kejadian," paparnya.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut, namun akibat kebakaran ini pemilik rumah ditaksir mengalami kerugian materil Rp150 juta. Pasalnya, seluruh isi bangunan rumah nyaris terbakar.

"Kami sudah berupaya maksimal untuk memadamkan api. Namun, setiba di lokasi kondisi api sudah membesar. Terlebih lagi, saat kejadian kondisi angin tengah bertiup kencang," pungkas dia.

(sya/mud)