Cegah Kerumunan, Panitia Diimbau Bagikan Langsung Daging Kurban

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 15:49 WIB
Hewan Kurban
Foto: Hewan Kurban (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)
Bandung -

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung meminta panitia kurban melakukan pembagian daging kurban secara langsung. Hal itu guna mencegah terjadinya antrean hingga kerumunan yang berpotensi menimbulkan penyebaran COVID-19.

"Pembagian diharapkan dilakukan oleh panitia. Jadi masyarakat tidak berbondong-bondong datang ke masjid untuk mengantre panjang," ucap Humas Kemenag Bandung Agus Saparudin saat dihubungi, Selasa (21/7/2020).

Agus mengatakan guna mencegah terjadinya antrean, panitia diharapkan untuk bisa membagikan secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Bila SDM kurang, panitia bisa mengatur pembagian secara bertahap.

"Kalau kurang manusia pakai gelombang. Misal gelombang satu jam sekian gelombang dua jam sekian, jangan sampai ada jumlah kerumunan besar. Kita atur prosesnya," katanya.

Namun, sambung Agus, dia tak bisa memastikan apakah masyarakat tidak datang ke masjid untuk mengantre daging kurban atau tidak. Meski nantinya masih ada yang datang, pihaknya meminta agar panitia dapat mengatur jarak antrean masyarakat yang datang langsung.

"Harapannya memang tetap panitia (yang membagikan). Tapi kalau antre, harus tetap jaga protokol kesehatan. Panitia kurban ketika bagikan daging kurban itu beda dengan sebelumya. Harus cek suhu, cuci tangan terus masuk area antrian. Kalau ada yang lebih suhunya, segera tindak lanjuti. Ini untuk waspada dan kepentingan, jangan ada klaster baru," tuturnya.

(dir/ern)