Ular Piton 6 Meter yang Mangsa Ternak Warga Sukabumi Ditangkap

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 20 Jul 2020 11:40 WIB
Petugas berhasil tangkap ular piton pemangsa ternak warga
Petugas berhasil tangkap ular piton pemangsa ternak warga di Sukabumi (Foto: Istimewa).
Sukabumi -

Seekor ular jenis piton berhasil ditangkap pegawai dan PMI di Kota Sukabumi. Ular sepanjang 6 meter itu ditangkap usai memangsa ayam milik warga, di RT 01 RW 01, Kelurahan Baros, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

Saat kejadian warga melaporkan penemuan ular tersebut ke petugas di kelurahan. Mendapat laporan, dua orang pegawai kelurahan dan petugas PMI Kota Sukabumi meluncur ke lokasi.

Setelah itu, petugas sejumlah petugas tersebut mencoba menangkap ular berukuran 'raksasa' tersebut. Saat akan ditangkap ular bersembunyi di sebuah kandang ayam.

"Sekitar pukul 08.30 WIB ada laporan dari warga katanya ada ular, saat itu saya dengan rekan dari PMI yang kebetulan baru habis apel langsung menuju ke lokasi. Sampai di sana ternyata benar, ular itu sembunyi di kandang ayam milik bos pabrik mie aci," kata Lalan Suharlan, pegawai Kelurahan Baros, Senin (20/7/2020).

Sampai di lokasi, ular itu terlihat melingkar di sekitar kandang ayam. Dari kondisi perutnya Lalan menduga hewan melata itu baru selesai menyantap ayam dari dalam kandang.

"Kandang ayam ini kan berdekatan dengan pabrik mie aci, pemiliknya sering mengeluh ayam hilang. Nah kita duga ular ini pelakunya, sebelum-sebelumnya juga memang banyak ditemukan ular namun tidak sampai sebesar ini," lanjut Lalan.

Lokasi tempat ditemukannya ular berada di dekat area kebun dan sungai. Ular piton yang menurut Lalan sepanjang 6 meter dengan berat sekitar 18 kilogram itu kondisi perutnya buncit.

"Panjang sekitar 6 meter, berat 18 kilogram, kondisi perutnya besar sepertinya memang baru memangsa ayam. Tadi langsung kita serahkan ke komunitas reptil yang memang datang ke lokasi penangkapan," ujarnya.

(sya/mso)