Warga Lembang Bentuk Komunitas Peduli Monyet Ekor Panjang yang Kelaparan

Whisnu Pradana - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 15:52 WIB
Warga siapkan makanan untuk monyet ekor panjang yang kelaparan
Warga siapkan makanan untuk monyet ekor panjang yang kelaparan (Foto: Istimewa).
Bandung Barat -

Warga Kampung Andir, Desa Gudang Kahuripan Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, menunjukkan kepeduliannya pada kawanan monyet ekor panjang yang kelaparan.

Sejumlah warga RW 06 menginisiasi pembentukan komunitas Masyarakat Peduli Monyet dengan menyediakan makanan untuk kawanan monyet yang jumlahnya lebih dari 50 ekor itu.

Ketua RW 06 sekaligus pembina komunitas Masyarakat Peduli Monyet Ipung Saepul mengungkapkan gagasan itu bentuk kepedulian warga terhadap kawanan monyet yang kelaparan sehingga kerap menyambangi permukiman warga.

"Ini bentuk kepedulian warga. Monyet itu datang ke rumah warga karena kelaparan. Dan kita sadar kalau habitat mereka terganggu. Selain itu, biar monyet juga enggak datang dan mengganggu warga lagi," ungkap Ipung, Minggu (19/7/2020).

Mereka mengandalkan buah-buahan sisa pemberian dari warga yang memiliki kerabat sebagai pedagang di Pasar Panorama Lembang. Pihaknya juga terbuka menerima donasi makanan dan buah-buahan untuk pakan monyet ekor panjang.

"Sekarang masih mengandalkan jatah buah busuk dari warga kita yang punya kenalan di pasar. Kadang ada yang sengaja datang ke sini kasih bantuan buah dan makanan lainnya. Kita sangat terbuka menerima sumbangan," jelasnya.

Aksi tersebut baru berjalan empat. Diawali dengan matinya seekor monyet setelah tertabrak motor ketika berusaha menyebrang Jalan Raya Lembang, Kamis (16/7/2020).

"Awalnya memang karena dapat kabar ada monyet yang tertabrak motor saat nyebrang, mereka itu selalu nyebrang tiap sore untuk cari makanan. Ditambah hari ini ada kejadian monyet diracun. Mudah-mudahan kita bisa konsisten memberi monyet ini makanan," tandasnya.

Tonton video 'Taman Balekambang Tutup, Monyet Liar Kelaparan':

(mso/mso)