Kabid DKP Jabar Dimakamkan dengan Protokol COVID-19

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 15:33 WIB
Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut ditunjuk Pemerintah Kota Bandung sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi jenazah yang terpapar COVID-19. Hingga Kamis (27/4/2020), sedikitnya 40-an jenazah korban pandemi ini telah dimakamamkan di sana sejak sebulan terakhir.
TPU Cikadut, tempat pemakaman khusus COVID-19/Foto: Yudha Maulana
Bandung - Kepala Bidang Pembudidayaan Ikan, Pengolahan dan Hasil Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar Budiman dimakamkan dengan protokol COVID-19 di TPU Cikadut, Kota Bandung, Jumat (17/7/2020) sekitar pukul 07.30 WIB.

Sebagaimana diketahui, di TPU Cikadut tersedia lahan pemakaman khusus untuk jenazah yang meninggal dengan keterangan terkonfirmasi COVID-19.

Kendati demikian, Hermansyah belum bisa memastikan penyebab kematian pasti dari Budikan."Dimakamkan dengan protokol Covid. Namun, saya belum berani memastikan penyebabnya," ucap Hermansyah saat dihubungi.

Diberitakan sebelumnya, Budiman meninggal dunia di RS Hasan Sadikin Bandung pada pukul 03.30 WIB. Pada 2 Juli lalu beredar kabar, jika Budiman dan seorang pejabat DKP Jabar lainnya terpapar COVID-19.

"Kalau kabar meninggalnya betul, tapi kalau penyebab pastinya saya belum tahu jelas, apakah karena COVID-19 atau bukan," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 (GTPP) Jabar Daud Achmad masih belum bisa memberikan keterangan rinci terkait status dari almarhum. "Saya masih harus konfirmasi dengan divisi terkait," ujar Daud saat dihubungi detikcom.

Sebelumnya, pada 2 Juli lalu Kepala DKP Jabar Mochamad Solihin meninggal di RS Borromeus, Kota Bandung, Rabu (2/7/2020) malam. Diketahui kemudian, Solihin yang pernah menjabat sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Bandung itu terpapar COVID-19.

Pascakabar tersebut, beredar kabar jika dua pejabat di DKP Jabar juga terkonfirmasi COVID-19. Kantor DKP pun kemudian distrerilisasi sekaligus karyawan yang bekerja di sana dilakukan rapid test dan swab test.

(yum/ern)