165 Personel TNI di Secapa AD Sembuh dari Corona

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 17:44 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan pasien Corona (ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Sebanyak 165 penyintas di lingkungan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) telah dinyatakan sembuh dari Corona atau COVID-19 hingga Selasa (14/7/2020). Artinya tinggal 1.115 orang yang masih menjalani karantina atau perawatan di klaster tersebut.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (GTPP Jabar) Berli Hamdani mengatakan, TNI AD telah melaksanakan tes usap (swab test) kepada lebih dari 100 orang yang dilaporkan pertama kali terkonfirmasi positif virus Corona dari tanggal 29 Juni-5 Juli 2020.

Dari hasil pemeriksaan pertama dan kedua, 98 orang dinyatakan negatif COVID-19. Menyusul berikutnya 67 orang juga dinyatakan sembuh dari COVID-19 sehingga total menjadi 165 penyintas. Sebelumnya dilaporkan 1.280 orang terpapar virus di klaster Secapa AD.

"Untuk treatment di sekitar kawasan Secapa AD dan Pusdikpom, pada hari Jumat kemarin sudah dilakukan penyemprotan disinfektan oleh pengurus RW, kemudian juga oleh tim Satgas COVID-19 di wilayah itu, kemudian juga selain daripada itu dinas di Kota Bandung juga sudah melaksanakan tes masif untuk wilayah sekitar," tutur Berli.

Berli mengatakan saat ini GTPP Jabar melakukan sistem pemantauan terpadu yang dilakukan berjenjang mulai dari tingkat pusat hingga tingkat pimpinan institusi berbasis asrama tersebut. "Contohnya untuk Secapa dan lain-lain itu berada di bawah Mabes TNI, tentunya Mabes juga melakukan pemantauan. Kemudian Gugus Tugas mulai dari provinsi sampai yang ada di kelurahan atau desa itu juga melakukan pemantauan dengan sistem pemantauan terpadu," ucapnya.

"Tentu saja internal dari institusi itu melakukan langkah-langkah pemantauan salah satunya dengan melakukan pengukuran suhu, pemeriksaan kesehatan dan lain-lain, keluhan yang mungkin terjadi pada peserta didik," tutur Berli menambahkan.

Tonton video 'Pemerintah Pantau 46.701 Kasus Suspek COVID-19 Per 14 Juli':

(yum/bbn)