Pasien Positif Corona yang Diisolasi di Masjid Pemkab Bandung Barat Dipindah ke RS

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 13:04 WIB
Bupati Bandung Barat Aa Umbara
Foto: Whisnu Pradana
Bandung Barat -

Pasien positif Corona Virus Disease atau COVID-19 yang saat ini tengah diisolasi di aula Masjid Ash Siddiq, lingkungan kantor Pemkab Bandung Barat, bakal dipindahkan ke ruang isolasi rumah sakit di KBB.

Selain karena pasien yang diisolasi hanya menyisakan dua orang, rencana tersebut juga untuk kembali memfungsikan Masjid Ash-Shiddiq sebagai pusat kegiatan keagamaan termasuk salat Jumat.

"Pasien di Ash Shiddiq yang diisolasi kan tinggal dua orang lagi mereka akan dipindah ke salah satu dari tiga RSUD di KBB seperti RSUD Cililin, RSUD Cikalongwetan, dan RSUD Lembang," ungkap Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, Selasa (14/7/2020).

Ketiga RSUD tersebut memiliki ruang isolasi khusus bagi pasien COVID-19. Saat ini kondisi ruang isolasi di tiga RSUD banyak yang kosong sehingga sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan.

Padahal ketika awal pandemi COVID-19 muncul pemda langsung menyiapkan sebanyak 60 ruang isolasi khusus bagi di tiga RSUD.

"Saat itu kita menjadikan Aula Masjid Ash-Shiddiq sebagai tempat isolasi pasien positif COVID-19 untuk mengantisipasi lonjakan pasien positif tapi ternyata yang diisolasi tidak sebanyak dugaan," katanya.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 KBB Asep Sodikin menyebutkan warga KBB yang positif saat ini tinggal 10 orang. Secara keseluruhan, ada 75 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan dinyatakan sembuh 61 orang.

Dari sisa 14 orang, menyusul 4 orang sembuh, sehingga tinggal 10 orang yang positif aktif. Sedangkan orang tanpa gejala (OTG) yang sebelumnya 462, telah dipantau 451 dan tinggal 11 yang masih dipantau.

"KBB ini bukan tempat penyebaran virus karena hasil tracing kebanyakan yang tertular karena datang dari luar daerah. Seperti kasus Tanimulya, itu terpaparnya di Cimahi," ujarnya.

(ern/ern)