Sekolah Bukan Zona Hijau Gelar KBM Tatap Muka, Ridwan Kamil: Pelanggaran!

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 18:38 WIB
Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menegaskan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di Jabar belum dibolehkan. Proses KBM dibolehkan bila daerah tersebut sudah masuk zona hijau sesuai aturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Apapun itu, kegiatan pendidikan seharusnya tidak boleh ada yang tatap muka, kecuali yang zona hijau," ucap Kang Emil sapaan akrabnya saat ditemui usai melaksanakan rapat koordinasi di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin (13/7/2020).

Kang Emil mengatakan bila ada sekolah yang tetap menggelar KBM tatap muka, hal itu termasuk suatu pelanggaran. Dia juga meminta agar masyarakat yang menemukan adanya pembelajaran tatap muka untuk melapor ke gugus tugas daerah.

"Kalau ada kegiatan pendidikan yang memaksa tatap muka padahal bukan zona hijau, itu pelanggaran, kalau ada, laporkan ke gugus tugas masing masing," katanya.

"Saya sudah tegaskan, selama tidak bisa membuktikan sekolahnya tidak berada di zona hijau, maka aktivitas tatap muka dilarang. Saya akan cek, apakah zona hijau. Kalau tidak, berarti ada pelanggaran, kalau iya, artinya ada diskresi," ujar Kang Emil menambahkan.

Untuk kegiatan sekolah sendiri, sambung Emil, dilakukan secara daring. Seperti hari ini, kata Emil, kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dilakukan secara daring.

"MPLS hari ini hari pertama tahun ajaran baru, semua dilaksanakan secara daring," katanya.

(dir/mud)