Kasus Corona di Terminal Baranangsiang, 70 ODP Jalani Swab Test

M. Sholihin - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 16:33 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona (Ilustrator: Edi Wahyono)
Bogor -

Sebanyak 70 orang dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) menjalani swab test. Pemeriksaan itu dilakukan Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Bogor usai adanya tujuh orang positif Corona di Terminal Baranangsiang.

Mereka yang ODP itu dites swab di kantor Dinas Kesehatan Kota Bogor, Senin (13/7/2020). "Dari hasil tracing terhadap tujuh orang positif di terminal bus Baranangsiang, Gugus Tugas Kota Bogor menetapkan ada 70 orang dengan status ODP. Hari ini, 70 orang itu jalani swab," kata Ketua GTPP Covid-19 Kota Bogor Dedie A Rachim, Senin (13/7/2020).

Dedie menyebut hasil swab 70 orang dengan status ODP tersebut baru akan diketahui hasilnya 3-4 hari ke depan. Selama hasilnya belum keluar, kata Dedie, mereka menerapkan isolasi mandiri.

Ia menjelaskan adanya kasus terkonfirmasi positif di Terminal Baranangsiang ini menunjukkan transportasi publik masih menjadi ancaman penyebaran COVID-19. "Hal ini mengkonfirmasi bahwa potensi penyebaran COVID-19 dari transportasi publik masih menjadi ancaman bila tidak dikendalikan dengan serius," kata Dedie yang juga menjabat wakil Wali Kota Bogor.

"Sistem aglomerasi perhubungan baik kereta, bus dan angkutan umum lain, sejak awal pandemi sudah menjadi perhatian pemerintah daerah agar diberi perhatian khusus untuk mengurangi tingkat resiko," tutur Dedie.

Sekadar diketahui, tercatat tujuh orang positif COVID-19 usai jalani tes swab di Terminal Baranangsiang, Kota Bogor. Tujuh orang itu merupakan warga Kota Bogor, Kabupaten Bogor dan DKI Jakarta.

(bbn/bbn)