DOB Disetujui Bupati-DPRD, Warga Cianjur Selatan Sujud Syukur

Ismet Selamet - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 16:18 WIB
Warga Cianjur selatan sujud syukur dan menangis haru usai pemekaran Cianjur selatan disetujui Bupati dan DPRD
Warga Cianjur selatan sujud syukur dan menangis haru usai pemekaran Cianjur Selatan disetujui Bupati dan DPRD (Foto: Ismet Selamet)
Cianjur -

Sidang Paripurna istimewa memperingati Hari Jadi Cianjur ke-343 diwarnai tangi warga Cianjur selatan. Sebab impian serta perjuangan mereka untuk pemekaran akhirnya disetujui Plt Bupati dan DPRD.

Begitu Plt Bupati Cianjur Herman Suherman dan Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Ganjar Ramadhan menandatangani dokumen persetujuan bersama pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB), perwakilan warga Cianjur selatan itu langsung berkumpul tengah ruang sidang paripurna.

Mereka langsung sujud syukur seraya meneteskan air mata, tak kuas menahan perasaan gembira dan haru lantaran perjuangannya selama bertahun-tahun bisa terwujud.

"Ini adalah puncak dari perjuangan kita selama belasan tahun untuk mewujudkan pemekaran Cianjur Selatan, dan alhamdulillah persetujuan tersebut sudah ditandatangani oleh Bupati dan DPRD," ujar Ketua Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul (PMCK), Ceng Badri usai sidang paripurna, Minggu (12/7/2020).

Ia juga mengungkapkan bahwa dengan disetujuinya DOB tersebut sekaligus menjadi kado terindah untuk warga Cianjur selatan di momentum Hari Jadi Cianjur yang diperingati setiap 12 Juli.

"Ini kado terindah, untuk semua warga Cianjur. Terutama warga di selatan," kata dia.

Ketua Resimen Pemuda Cianjur Kidul (Rispek) Aang Qobul, mengatakan pihaknya akan menilai keseriusan pemerintah dari alokasi yang dianggarkan untuk pembangunan di Cianjur Selatan.

"Karena salah satu syarat untuk mendorong terlaksananya DOB ini adalah dari pemerataan pembangunan di Cianjur Selatan," tuturnya.

Sementara itu, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan sebelumnya kesepakatan terkendala statusnya sebagai Plt. Tetapi karena kondisinya sudah mendesak, supaya pembangunan lebih merata di wilayah utara dan selatan, maka perlu ada otonomi daerah yang baru.

"Sudah disepakati, tidak usah menunggu definitif. Kita proses dulu supaya cepat bisa dimekarkan untuk Cianjur selatan. Nanti setelah definitif akan disusulkan dan diperbaiki dokumennya. Ini demi masyarakat Cianjur, pembangunan supaya lebih cepat," tuturnya,

Keseriusan itupun ditanggapi baik oleh legislatif dalam pertemuan beberapa waktu lalu untuk menindaklanjuti rencana DOB.

"Disepakati jika penandatanganan dilakukan pertengahan Juli. Dan ternyata bertepatan dengan hari jadi Cianjur ke-343," kata dia.

Adapun kecamatan yang masuk dalam DOB Cianjur selatan, yakni Sukanagara, Pagelaran, Tanggeung, Cibinong, Cijati, Cikadu, Kadupandak, Leles, Takokak, Pasirkuda, Cidaun, Agrabinta, Sindangbarang, dan Naringgul.

"Untuk ibu kota kabupatennya nanti di Sindangbarang," ucapnya.

Tonton video 'Cianjur Jadi Zona Hijau, Kinerja TNI-Polri Diapresiasi':

(mud/mud)