Razia di Lapas Banceuy, Kemenkum HAM Jabar Sita Ponsel-Gergaji

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 11:22 WIB
Kemenkum HAM Jabar temukan ponsel hingga gergaji di Lapas Banceuy
Kemenkum HAM Jabar temukan ponsel hingga gergaji di Lapas Banceuy (Foto: Istimewa)
Bandung -

Sejumlah barang-barang terlarang ditemukan petugas Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Kanwil Jawa Barat saat melakukan razia di Lapas Narkotika Banceuy. Barang yang ditemukan mulai dari ponsel-pisau rakitan.

Razia dilakukan langsung oleh Kemenkum HAM Jabar di Lapas Banceuy pada Kamis (9/7/2020) malam. Beberapa barang terlarang ditemukan petugas saat menyisir sejumlah blok hunian di penjara khusus narkotika itu.

"Kita temukan ada HP, powerbank, charger, senjata tajam pisau rakitan, gunting, obeng, gergaji, kabel dan sambungan listrik serta barang terlarang lain," ucap Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Jabar Abdul Aris dalam keterangannya, Jumat (10/7/2020).

Adapun jumlah ponsel yang ditemukan sebanyak 43 buah, powerbank 6 buah, charger 45 buah, pisau rakitan hingga perkakas yang totalnya 50 buah.

Aris mengatakan arang-barang yang ditemukan ini, nantinya akan disita dan akan dimusnahkan. Sementara pemiliknya akan dikenakan sanksi.

"Barang-barang akan dimusnahkan dan pemiliknya dikenakan peringatan dan sanksi sesuai ketentuan," kata Aris.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar Imam Suyudi menambahkan razia ini dilakukan secara rutin guna mencegah masuknya barang terlarang. Sebab, sambung dia, barang-barang yang masuk terkadang tidak terkontrol oleh petugas.

"Ini harus rutin dilakukan karena barang-barang yang masuk kadang di dalam LP tidak terkontrol sehingga harus dilakukan secara rutin dan juga kalau ada indikasi harus insidentil penggeledahan harus dilakukan," ujarnya.

"Semua barang-barang harus disita, harus dimusnahkan, harus ditindaklanjuti dengan upaya penguatan motivasi dan pembinaan warga binaan terkait perannya hal dan kewajiban agar mereka tidak membawa barang-barang terlarang lain," kata dia menambahkan.

(dir/mud)