Dinkes Cimahi Tak Kantongi Data Pasien Klaster Secapa AD di RS Dustira

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 19:37 WIB
Poster
Ilustrasi pasien Corona (Foto: Edi Wahyono)
Cimahi -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mengaku tidak mendapatkan laporan jumlah pasien positif COVID-19 klaster Secapa AD yang menjalani isolasi di Rumah Sakit Dustira.

Rumah Sakit Dustira sendiri merupakan salah satu rumah sakit di Kota Cimahi yang menjadi rujukan perawatan dan isolasi pasien positif COVID-19 selain RSUD Cibabat, Kota Cimahi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Chanifah Listyarini mengatakan hal tersebut lantaran kewenangannya ada di Secapa AD yang berkoordinasi langsung dengan pihak RS Dustira.

"Sampai saat ini kita tidak tahu berapa jumlah pasti pasien positif COVID-19 klaster Secapa AD yang dirawat di RS Dustira, kewenangan rumah sakit dengan instansi terkait," ungkap Chanifah saat dihubungi, Kamis (9/7/2020).

Selain itu, laporan pun tidak akan disampaikan lantaran pasien yang dirawat bukan penduduk dan ber-KTP Cimahi. Pasien yang dirawat di RS Dustira merupakan pasien titipan.

"Kalau bukan penduduk Cimahi tidak ada laporan dan tidak akan berpengaruh ke data pasien COVID-19 Cimahi juga. Mereka cuma pasien titipan," katanya.

Pihaknya juga mengungkapkan belum ada laporan warga Cimahi yang menjadi salah satu di antara banyaknya pasien positif dari klaster Secapa AD.

"Belum ada kabar warga Cimahi termasuk pasien positif klaster tersebut," tegasnya.

Sementara Kepala Rumah Sakit RS Dustira pun masih belum bisa dihubungi untuk diminta tanggapannya terkait pasien yang dirawat di rumah sakit milik TNI AD tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (GTPP Jabar) mengungkap adanya temuan ratusan orang terkonfirmasi COVID-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) yang berada di Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

Isolasi telah dilakukan di area Secapa AD. Sejumlah orang yang terpapar di instansi tersebut sebagian dirujuk ke Rumah Sakit Dustira Kota Cimahi dan RSPAD Gatot Subroto Jakarta, sesuai dengan kondisi medisnya.

(mud/mud)