Hampir Masuk Zona Hijau, 1 Warga Sumedang Malah Positif COVID-19

Muhamad Rizal - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 12:23 WIB
Poster
Ilustrasi pasien Corona (Foto: Edi Wahyono)
Sumedang -

Di masa Adaptasi Kebiasaan Baru, Kabupaten Sumedang yang hampir memasuki zona hijau terdapat penambahan 1 orang dinyatakan positif COVID-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri membenarkan adanya penambahan kasus positif COVID-19 berdasarkan hasil swab test.

"Kami informasikan, bahwa hasil test SWAB atas nama MA, warga Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan terkonfirmasi positif COVID-19," kata Iwa melalui pesan singkat, Kamis (9/7/2020).

Menurutnya saat ini MA sudah di isolasi di RSUD Kabupaten Sumedang. Sebelumnya ia dijemput oleh petugas medis di masjid Nurul Huda, Sumedang Selatan.

"Penjemputan dilakukan oleh Tim PSC 119 di Masjid Nurul Huda Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan, setelah MA melakukan salat asar berjamaah di masjid tersebut," katanya.

Iwa menyebutkan, kronologis MA terkonfirmasi COVID-19 karena ia telah melakukan perjalanan yang cukup banyak ke luar kota. Kemungkinan MA bisa terpapar karena riwat perjalanannya.

Bahkan kata Iwa, MA sebelumnya telah menjemput ibunya yang tinggal di Depok, untuk persiapan pernikahan kakaknya, yang berinisial H.

Selain itu, tujuh hari sebelum resepsi pernikahan, H (kakak MA) dan Y (Ibu MA) bersilaturahmi ke rumah almarhum H, yang meninggal karena COVID-19. Selama 7 hari itu, MA melakukan perjalanan pulang pergi Sumedang-Bandung.

Setelah resepsi pernikahan sang kakak, MA juga melakukan perjalanan ke Tasikmalaya selama satu hari.

"Sepulang dari Tasikmalaya, MA baru merasakan sesak, batuk dan demam serta pegal-pegal. Hingga dilakukan tes Swab di hari Keempat, setelah gejala tersebut dirasakan MA," ujar Iwa.

Setelah dilakukan swab tes, hasilnya ternyata positif. "setelah 6 hari, atau tepatnya hari Rabu (9/7/2020), hasil swab nya keluar dan positif terkonfirmasi COVID-19," jelas Iwa.

Tonton juga 'Dibuka Kembali, Alun-alun Sumedang Buat Jadwal Operasional Baru':

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mud)