Cegah Corona, Sopir Bus AKAP-AKDP Jalani Rapid Test di Terminal Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 15:16 WIB
Sopir bus jalani rapid test di Terminal Pasirhayam Cianjur
Sejumlah sopir bus menjalani rapid test di Terminal Pasirhayam, Cianjur. (Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Puluhan sopir bus AKDP dan AKAP menjalani rapid test di Terminal Pasirhayam, Cianjur, Rabu (8/7/2020). Pemeriksaan dilakukan untuk deteksi dini karena di Jawa Barat muncul dua klaster baru penyebaran COVID-19.

Para sopir tersebut langsung diarahkan menjalani rapid test begitu masuk kawasan Terminal Pasirhayam. Petugas Polres Cianjur dan TNI mengarahkan para sopir menjalani rapid test oleh tim Dinas Kesehatan.

Juru bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Cianjur Yusman Faisal mengatakan ada 80 sopir, kernet, dan penumpang yang menjalani rapid test. Hasilnya, semua dinyatakan nonreaktif Corona.

"Hasilnya semua nonreaktif, baik sopir, kernet, maupun penumpang yang ikut rapid test," kata Yusman, Rabu (8/7/2020).

Menurutnya, sopir bus menjadi salah satu yang berisiko terpapar COVID-19. Pasalnya, mereka berinteraksi dan mengangkut banyak penumpang dari luar kota atau luar provinsi. Apalagi, lanjut Yusman, di Jawa Barat muncul dua klaster baru penyebaran COVID-19, sehingga potensi kerawanan semakin tinggi.

"Jadi sekalian deteksi dini, karena bus ke Cianjur ini ada yang membawa penumpang dari Jakarta dan Bandung. Sementara di Bandung sendiri ada klaster baru. Kami tak ingin Cianjur, yang sudah zero kasus positif, muncul lagi kasus baru," ujarnya.

(mso/mso)