Anak Rawan Tertular Corona, Gugus Tugas Jabar Sorot Peran Orang Tua

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 17:20 WIB
Poster
Ilustrasi pandei Corona (ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Penularan virus Corona tidak mengenal umur. Tercatat hingga akhir Juni ini ada 190 anak rentang usia 0-18 tahun terkonfirmasi positif COVID-19 di Jabar. Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 (GTPP) Jabar menekankan peran orang tua agar anak-anak tetap beraktivitas di lingkungan rumah selama pandemi masih berlangsung.

Ketua Divisi Pelacakan Kontak, Pengujian, dan Manajemen Laboratorium GTPP Jabar Siska Gerfianti mengatakan, meski saat ini memasuki fase new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), bukan berarti kewaspadaan dilonggarkan.

"Kegiatan pendidikan usia dini, yakni PAUD dan lain-lain, direkomendasikan oleh IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), tetap dilakukan di rumah masing-masing saja. Jadi untuk kegiatan pembelajaran bagi anak ini, lebih direkomendasikan dalam pembelajaran jarak jauh," kata Siska di Gedung Sate, Selasa (7/7/2020).

Selain itu, pihaknya pun menekankan agar orang tua yang beraktivitas di luar rumah untuk mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Jangan sampai, ujarnya, orang tua membawa resiko penularan kepada anak.

"Kemarin itu kan semuanya di rumah ya. Jadi anak-anak ini tertular dari orang tua yang masih keluar-keluar rumah, misalnya ayahnya masih kerja ibunya masih kerja dan lain-lain. Nah ini yang penting untuk orang tua," ucap Siska.

Selanjutnya
Halaman
1 2