9 Orang Tunanetra Ikuti UTBK di Kampus UPI

Siti Fatimah - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 15:20 WIB
Difabel Ikuti UTBK di Kampus UPI
Salah satu tunanetra peserta UTBK di kampus UPI. (Foto: Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) merupakan salah satu tahapan penting untuk melanjutkan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) turut mengikutsertakan peserta berkebutuhan khusus atau difabel.

Difabel yang turut mengikuti tes merupakan disabilitas sensorik yaitu tunanetra, tunarungu dan tunawicara. Persiapan khusus yang diberikan pada tunanetra yaitu dengan menggunakan sistem Non Visual Dekstop Access (NVDA).

Koordinator Teknik Informatika dan Komunikasi (TIK) UTBK UPI Nurfitriansyah mengatakan, sistem NVDA merupakan program pembaca layar yang memungkinkan para tunanetra untuk menggunakan komputer dengan sistem windows.

"Jadi nanti untuk peserta tunanetra aplikasinya sama cuman ada bantuan software NVDA, fungsinya membacakan soal dari soal yang ada di aplikasi. Jadi bicara sendiri, pesertanya pakai headset yang sudah disediakan," kata Nurfitriansyah kepada detikcom di kampus UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/7/2020).

"Kalau (peserta) tunanetra cuma sembilan. Jika dibandingkan tahun lalu itu lebih banyak tahun sekarang. Tahun kemarin cuma tiga," ia menambahkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2