Residivis Kasus Ganja Didor Petugas BNN Jabar

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 14:25 WIB
ilustrasi penembakan
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Sukabumi -

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat menangkap tiga warga Sukabumi yang terlibat kasus narkoba. Satu pelaku ditembak kakinya karena berusaha melawan petugas.

Tiga pelaku yaitu inisial UB alias Uyot (30), RA (27) dan MP alias Pepen (25). Ketiganya berdomisili di Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Petugas meringkus mereka di Ciawi, Bogor, Senin (6/7) kemarin.

Dari tangan mereka, petugas BNN menyita ganja sebanyak 48 bungkus yang berat keseluruhannya sekitar 48 kilogram. "Pelaku UB alias Uyot kita tembak di bagian kakinya karena berusaha melawan dan melarikan diri saat akan kita tangkap. Dia ini residivis spesialis ganja yang baru bebas dari masa hukuman sembilan tahun," kata Kabid Berantas BNNP Jabar Kombes Pol Adri Irniadi melalui sambungan telepon, Selasa (7/7/2020).

Menurut Adri, pelaku termonitor petugas setelah mendapat laporan dari masyarakat. Ketiganya diketahui sering pergi-pulang Jakarta untuk mendistribusikan paket haram tersebut.

"Mereka ini jaringan Aceh-Jabar, ambil ganja di Jakarta untuk didistribusikan kembali di Jabar. Saat digeledah, kita temukan barang-barang tersebut, tadinya akan distok di wilayah Sukabumi," ujar Adri.

Paket ganja itu terbungkus kertas cokelat dan plastik, sebagian lainnya terbungkus karung putih. Saat ini ketiga pelaku masih menjalani pemeriksaan di kantor BNNP Jawa Barat.

"Masih kita mintai keterangan untuk kepentingan pengembangan," kata Adri.

(sya/bbn)