Beda dengan Jabar, 5 Provinsi di Pulau Jawa Umumkan Data Kematian PDP

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 13:47 WIB
Ilustrasi makam
Foto: Thinkstock
Bandung -

Provinsi Jawa Barat menjadi satu-satunya provinsi di Pulau Jawa yang tak membuka data kematian pasien dalam pengawasan (PDP). Sementata DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY Yogyakarta bahkan Banten mengumumkannya ke publik.

Pantauan detikcom, di situs Pikobar (pikobar.jabarprov.go.id) hanya tercantum data total warga yang terkonfirmasi COVID-19, jumlah pasien positif aktif, jumlah pasien sembuh, dan jumlah pasien yang meninggal dunia. Dicantumkan juga data perbandingan di Indonesia untuk empat kategori tersebut.

Sedangkan untuk data orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) di Jabar, hanya dicantumkan data ODP/PDP yang masih dalam proses pengawasan/pemantauan, ODP/PDP yang selesai dipantau/diawasi dan total ODP/PDP.

Hal itu pun menjadi sorotan di twitter. Dalam cuitannya di Twitter, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berdalih Jabar selalu transparan dengan data apa adanya. Gugus Tugas Jabar pun sudah mencoba mengakses apps RSonline, namun belum mendapatkan respon dari pusat.

"Yg akang maksud, Data tsb ada di apps RSonline yang dikelola pusat. gugus tugas Prov sdh bersurat utk mendapat akses apps, tapi belum dijawab. Sehingga blm dipastikan berapa yg dimakamkan protokol covid & brp yg dimakamkan biasa," balas Kang Emil saat menanggapi pertanyaan netizen soal data kematian PDP/ODP.

Sebagai perbandingan berikut data ODP dan PDP yang meninggal dunia yang ditampilkan pusat informasi COVID-19 di lima provinsi lainya di Pulau Jawa, hingga 7 Juli 2020 pukul 12.00 WIB. Catatan, meski semua menampilan data kematian PDP, ada sejumlah provinsi yang tidak menampilkan data kematian ODP.



1. DKI Jakarta

Portal https://corona.jakarta.go.id/id menunjukkan, ada total 18.332 PDP di DKI Jakarta. 731 PDP masih dirawat, 15.597 pulang dan sehat dan 2.004 PDP meninggal dunia.

Sedangkan jumlah keseluruhan ODP hampir menyentuh angka 100 ribu (99.512 ODP), di antaranya 148 meninggal dunia, 511 masih dalam proses pemantauan dan 98.853 telah selesai menjalani pemantauan.

2. Banten

Data PDP yang meninggal dunia juga ditunjukkan provinsi Banten lewat portal https://infocorona.bantenprov.go.id/. Di Banten, dari 3.060 PDP, 333 di antaranya meninggal dunia.

3. Jawa Timur

Laman Info COVID-19 Jawa Timur (http://infocovid19.jatimprov.go.id/) menunjukkan jumlah ODP dan PPD yang sembuh dan meninggal dunia. Pantauan detikcom, jumlah PDP yang meninggal dunia di Jatim mencapai 69 orang dari keseluruhan 282 PDP. Sementara jumlah ODP di Jatim mencapai 1.384, dan lima orang diantaranya meninggal dunia.

4. Jawa Tengah

Laman Tanggap COVID-19 Jawa Tengah (https://corona.jatengprov.go.id/) juga mengungkap ke publik terkait data PDP yang meninggal dunia. Dari 1.308 PDP, 10 orang meninggal dunia dan 7.081 lainnya telah dinyatakan sembuh. Sementara itu laman ini juga tidak mengungkap data ODP yang meninggal dunia.

5. DIY Yogyakarta

Sementara itu di laman DIY Yogyakarta

Terakhir laman info COVID-19 di DIY Yogyakarta (https://corona.jogjaprov.go.id) juga menampilkan data PDP yang meninggal dunia. Tercatat 26 orang PDP meninggal dunia, sementara 1.465 lainnya dinyatakan negatif COVID-19. Terkait data ODP, laman ini hanya menampilkan data ODP keseluruhan saja, yakni 7.823 orang.

(yum/ern)