Dicari! 'Petugas Kebersihan' yang Buang Sampah ke Sungai Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 13:36 WIB
Dua orang diduga petugfas kebersihan di Cianjur buang sampah ke sungai
Dua orang terpergok membuang sampah ke sungai di Cianjur. (Foto: Istimewa)
Cianjur -

Pemkab Cianjur masih mencari tahu dua orang 'petugas kebersihan' yang melakukan tindakan tak terpuji dengan membuang sampah ke sungai. Keduanya diduga petugas kebersihan desa di Kecamatan Kadupandak.

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman sudah menugaskan Dinas Lingkungan Hidup dan camat Kadupandak untuk mencari tahu data dua orang yang membuang sampah dari cator (sepeda motor roda tiga) ke Sungai Cibuni Cianjur. "Saya sudah instruksikan, cari tahu dan segera laporkan untuk saya tindak," ucapnya kepada detikcom saat ditemui di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Selasa (7/7/2020).

Dia mengaku kesal dengan adanya kelakuan yang tidak patut dicontoh dari dua orang tersebut. "Seharusnya kita jaga alam, bukannya buang sampah ke sungai," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur Sugeng Supriyatno, mengatakan kemungkinan dua petugas kebersihan tersebut merupakan petugas dari desa.

Pasalnya, Cator yang digunakan sama dengan bantuan dari pemerintah pusat untuk desa, melalui aspirasi anggota DPR RI.

"Dilihat dari warnanya, kalau hijau sama dengan bantuan dari pusat. Tahun lalu ada bantuan melalui aspirasi dewan, warnanya hijau. Cator itu memang diperuntukkan penanganan sampah di pedesaan," ungkap Sugeng.

Oleh karena pihaknya bakal berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan untuk memastikan dua oknum dan cator tersebut berasal dari desa mana. "Informasinya itu di Kadupandak, makanya kita koordinasi dengan camat," kata Sugeng.

Diberitakan sebelumnya, warga Cianjur dibuat geram dengan kelakuan dua orang yang diduga petugas kebersihan yang membuang sampah ke sungai. Tindakan tersebut dikhawatirkan membuat sungai tercemar.

(bbn/bbn)