Longsor Terjang Tasikmalaya, Jalan Desa Terputus-Sawah Tertimbun

Deden Rahadian - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 13:06 WIB
Longsor di Tasikmalaya
Foto: Longsor di Tasikmalaya (Deden Rahadian/detikcom).
Tasikmalaya -

Diguyur hujan deras, longsor besar terjadi di kampung Margasari, Margalaksana, Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (07/7/2020). Akibat Longsor, akses jalan penghubung desa sepanjang 30 meter dengan ketinggian 25 meter putus total.

Seribu warga di empat kampung, Desa Margalaksana terisolir. Selain akses pendidikan, ekonomi, sosial dan kesehatan juga turut terhambat.

"Longsor ini ada satu hektar memutus jalan sepanjang 30 meter ketinggian 25 meter. Sekitar seribu warga Kampung Badama Pasir Tengah, Cilapeneng dan Bantar Limus terisolir. Gak ada lagi jalan," ucap Asep Ma'mun, Kepala Desa Margalaksana dilokasi, Selasa (07/072020).

Asep mengatakan kejadian ini terjadi sekitar pukul 05.00 WIB subuh. Selain memutus jalan, lahan pertanian juga terimbas. Satu hektar lahan sawah dan perkebunan tertimpa.

"Lahan sawah warga juga terdampak. Putus irigasi dan sekitar 15 hektar lahan pertanian juga terancam tidak terairi," kata Aceng, seorang petani.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, anggota Polsek Salawu memasang garis polisi dilokasi agar masyarakat tidak memaksa melintasi bibir longsoran. Selain itu, sampai saat ini belum ada laporan terkait kejadian tersebut.

"Tidak ada laporan masyarakat yang tertimpa. Kita pasang police line agar warga menjauh," ucap Brigpol Yadi Tarica, Babinkabtimas Polsek Salawu di lokasi.

Eman(65), Ketua RT 05 RW 01 menuturkan dampak longsor membuat akses warga untuk ke ke pusat kota jauh dan susah. Rencananya akan dibuat jalan alternatif, namun lebih jauh perbedaannya satu kilometer.

"Tidak ada warga sepi, ada 15 rumah masjid dan mushola, pemukiman, akses pertanian palawija dan padi. Saluran air irigasi, 15 hektar ada," ujar Eman.

(mso/mso)