Pandemi Corona

Sempat Tertunda, Pilkades Serentak Ciamis Digelar Agustus 2020

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 09:28 WIB
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya
Foto: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Kabar gembira bagi para calon kepala desa yang akan mengikuti perhelatan Pilkades serentak. Setelah sempat ditunda beberapa bulan gegara pandemi Corona, Pilkades yang dilaksanakan oleh 143 Desa rencananya dijadwalkan bulan Agustus 2020.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, rencananya Pilkades serentak akan digelar pada pertengahan Agustus 2020. Rencana itu sesuai dengan hasil rapat Forkopimda. Namun untuk tanggalnya masih dalam pengkajian dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.

"Rencananya dijadwalkan pertengahan Agustus, untuk pelaksanaannya perlu diperhatikan protokol kesehatan dan physical distancing, karena pandemi belum selesai," kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Selasa (7/6/2020).

Herdiat menjelaskan dalam proses pemungutan suara harus ada pengamanan ekstra di setiap TPS. Terutama dalam penerapan protokol kesehatan. Untuk pengamanan sendiri dilakukan oleh personil Polres Ciamis dan Kodim 0613 Ciamis.

Untuk tahapannya, tidak mengulangi yang telah dilaksanakan dan berlanjut ke tahapan selanjutnya. Namun untuk jadwal pelaksanaan Pilkades serentak di Ciamis tetap mempertimbangkan kasus COVID-19 di Ciamis.

"Ketika COVID-19 terkendali, Pilkades bisa dilakukan. Semoga level kewaspadaan COVID-19 Ciamis membaik dengan kerja keras yang dilakukan Gugus Tugas Kabupaten nantinya," imbuhnya.

Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana mengatakan akibat diundurnya tahapan Pilkades serentak, panitia harus meng-upgrade data pemilih baru yang usianya telah masuk hak pilih. Pengaturan TPS harus diperhatikan, untuk penerapan physical distancing guna mencegah penyebaran COVID-19. Pemilih di TPS maksimal berjumlah 500 orang.

"Diharapkan pelaksanaan Pilkades sebelum 17 Agustus 2020. Mengingat kebutuhan figur Kades di setiap Desanya masing-masing," ujar Nanang Permana.

(mso/mso)