Terlalu! Dua 'Petugas Kebersihan' di Cianjur Buang Sampah ke Sungai

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 16:50 WIB
Dua orang diduga petugfas kebersihan di Cianjur buang sampah ke sungai
Dua orang diduga petugfas kebersihan di Cianjur buang sampah ke sungai (Foto: Istimewa)
Cianjur -

Warga Cianjur dibuat geram dengan kelakuan dua orang yang diduga petugas kebersihan membuang sampah ke sungai. Tindakan itu dikhawatirkan membuat sungai tercemar.

Tindakan yang tak patut dicontoh itu diabadikan oleh seorang warga dan diunggah di media sosial. Bahkan Instagram Dinas Lingkungan Hidup Cianjur pun merepost video tersebut.

Dalam video berdurasi 9 detik itu terlihat dua orang yang menggunakan pakaian seragam berwarna oranye sedang membuang sampah dari atas Cator (kendaraan roda tiga pengangkut sampah) berwarna hijau, ke sungai.

Hal itu membuat warganet geram, banyak yang menyayangkan kelakuan dua orang tersebut. Ada juga yang meminta Pemda menyiapkan tempat atau pengelolaan sampah.

"Tindak dong pak.. & jgn cuma org yg buang sampah aja. Pabrik yg seenaknya buang limbah ke sungai juga tindak," cuit pengguna akun @S****ar.

"Mungkin yang dibutuhkan masyarakat tempat sampah di beberapa titik. Kalau sudah ada tempat sampah masih membandel, wajib ditindak!!" tulis warga net lainnya, @A****il.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur Sugeng Supriyatno, mengatakan ulah dua orang tersebut diduga dilakukan di Sungai Cibuni yang menjadi perbatasan Kecamatan Cijati dan Kadupandak.

Namun dia mengaku masih mencari tahu informasi terkait dua orang yang membuang sampah ke sungai.

"Kami masih cari tahu, siapa dan dari mana dua orang tersebut. Yang jelas bukan petugas Dinas Lingkungan Hidup. Karena di selatan Cianjur tidak ada petugas. Kalau lokasinya diperkirakan itu di Sungai Cibuni," tuturnya saat dikonfirmasi via telepon seluler, Senin (6/7/2020).

Sugeng menambahkan, dua orang tersebut kemungkinan merupakan petugas dari desa. Sebab melihat catornya yang berwarna hijau merupakan bantuan dari pusat untuk desa.

"Tapi kami pastikan dulu. Kami akan tegur mereka yang buang sampah, apalagi jika benar itu petugas di desa. Harusnya memberi contoh baik, bukannya buang sampah ke sungai yang bisa merusak lingkungan," pungkasnya.

(mud/mud)